Nisa’, Izzatun (2023) Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Bermain Kooperatif Tipe Team Games Tournament di RA Muslimat NU Nahdlotus Shibyan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (71kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (83kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (145kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (229kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (87kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (952kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (78kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (81kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tentang meningkatkan kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun melalui metode bermain kooperatif tipe team games tournament di RA Muslimat NU Nahdlotus Shibyan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kegiatan yang dapat menstimulasi kemampuan kerjasama anak di sekolah tersebut. Meningkatkan kerjasama melalui metode bermain kooperatif tipe team games tornament menjadi solusi yang tepat untuk menstimulasi kemampuan kerjasama anak. Dengan permainan ini akan menjadikan anak aktif dan merasa antusias untuk menyelesaikan permainan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Subyek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun kelompok B yang berjumlah 22 anak. Sumber data yang diperoleh berasal dari kepala sekolah dan guru kelas B. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa meningkatkan kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun melalui metode bermain koperatif tipe team games tournament yang disesuaikan dengan tema RPPH menggunakan berbagai permainan yaitu: 1) aliran benda terapung dan tenggelam, 2) estafer balon, 3) lompat hula hop, 4) mengisi air dalam botol, 5) meniup bola dengan sedotan, 6) puzzle, 7) bakiak. Dalam penelitian ini juga terdapat hambatan dalam meningkatkan kemampuan kerjasama anak yaitu adanya anak yang cenderung bersifat individual, pendiam, kurang suka dengan kegiatan kelompok dan memilih teman saat bermain. Solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi hambatan tersebut ialah dengan memberikan kegiatan kelompok yang menarik dan anggotanya selalu diganti pada setiap kegiatan. Melalui kegiatan team games tournament tersebut anak kelompok B terstimulasi kemampuan kerjasamanya dengan baik sehingga anak menjadi lebih aktif dalam kegiatan kelompok, anak tidak memilih teman, anak dapat menyelesaikan permainan kelompok dengan baik, anak dapat meminta maaf dan memaafkan orang lain, anak tidak berebut mainan, dan anak mau membantu teman yang kesulitan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Anak Usia Dini, Kemampuan Kerjasama, Team Games Tournament | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Pra Sekolah, PAUD |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2025 02:59 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2025 02:59 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13281 |
Actions (login required)
View Item |