Penerapan Metode Tanya Jawab Berbasis Kasus Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS IX di MTs Shirathul Ulum Kertomulyo Trangkil Pati

Alfatikha, Ulya (2024) Penerapan Metode Tanya Jawab Berbasis Kasus Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS IX di MTs Shirathul Ulum Kertomulyo Trangkil Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGATAR.pdf

Download (671kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (222kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (443kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (338kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (472kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari berbagai permasalahan yang menjelaskan bahwa pada pembelajaran berlangsung di mata pelajaran IPS muncul kreativitas peserta didik yang kurang maksimal pada proses pembelajaran berlangsung dengan diterapkannya dalam ketidaksesuaian metode pembelajaran dengan semangat belajar peserta didik pada proses pembelajaran kurang aktif dan kurang antusias dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, terlebih ada peserta didik yang masih condong sibuk dengan kegiatannya sendiri yang tidak ada hubungannya dengan materi pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini : 1) Mengetahui penerapan metode tanya jawab berbasis kasus untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX di MTs Shirathul Ulum Kertomulyo Trangkil Pati. 2) Mengetahui hasil penggunaan metode tanya jawab berbasis kasus untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX di MTs Shirathul Ulum Kertomulyo Trangkil Pati. 3) mengetahui faktor yang mempengaruhi metode tanya jawab berbasis kasus untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS IX di MTs Shirathul Ulum Kertomulyo Trangkil Pati.Penelitian ini adalah jenis penelitian (Field research) atau disebut dengan penelitian lapangan, dimana peneliti terjun secara langsung ke lapangan untuk melaksanakan penelitian, pengamatan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, pendekatan ini digunakan peneliti untuk memperoleh data tentang metode tanya jawab berbasis kasus untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IX dari informan yang berhubungan dengan teknik pengumuman data melalui tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian pengetahuan Mata Pelajaran IPS semakin luas, siswa meningkat pemahamannya, dan juga kreativitas belajar siswa meningkat, siswa juga aktif dalam mengikuti pembelajaran, peningkatan semangat belajar IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKarim, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Tanya Jawab Berbasis Kasus, Mata Pelajaran IPS, Kreativitas Belajar
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Jan 2025 07:30
Last Modified: 21 Jan 2025 07:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13346

Actions (login required)

View Item View Item