Penanaman Doktrin Pendidikan Kerifa’iyahan (Studi Kasus pada MTs. Miftahul Muhtaddin Desa Sundoluhur Kecamatan Kayen Kabupaten Pati)

Sulistiyawati, Eva (2023) Penanaman Doktrin Pendidikan Kerifa’iyahan (Studi Kasus pada MTs. Miftahul Muhtaddin Desa Sundoluhur Kecamatan Kayen Kabupaten Pati). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (365kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (510kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (554kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (337kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (660kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (285kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (382kB)

Abstract

Ajaran Rifa'iyah terdapat 3 pokok ajaran yaitu bidang Ushuluddin, bidang Fiqih dan bidang Tasawuf. Dibidang Ushuludin ajaran Rifa'iyah berisi tentang ilmu keislaman yang berkaitan dengan masalah pokok agama. Dibidang Fiqih berisi tata cara dalam beribadah dan dalam bidang Tasawuf berisi pembersihan jiwa yang menjabarkan dari tahliyah dan takhliyah. Ajaran Rifa'iyah terdapat perbedaan dengan ajaran ormas lainnya salah satunya yaitu Rukun Islam hanya satu yang menjadi kontrovesi di kalangan masyarakat Rifa'iyah. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki implementasi penanaman doktrin pendidikan kerifa’iyyahan di MTs Miftahul Muhtaddin di Desa Sundoluhur, Kayen, Pati. Penelitian ini fokus pada strategi yang digunakan dan dampaknya terhadap lembaga pendidikan tersebut. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Yang mana sumber dari datanya yaitu dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (verivication). Temuan penelitian menunjukkan bahwa MTs Miftahul Muhtaddin secara konsisten menerapkan pendekatan pendidikan yang berbasis nilai-nilai kerifa’iyyahan. Penanaman doktrin ini dilakukan melalui berbagai program pendidikan yang melibatkan peran aktif para guru, siswa, dan komunitas sekolah. Dampak positif terlihat dalam perubahan perilaku dan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai kerifa'iyyahan. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang pendekatan pendidikan yang berfokus pada pengembangan nilai-nilai kerifa’iyyahan, dan dapat menjadi pedoman bagi lembaga pendidikan lain dalam menghadapi tantangan pendidikan di zaman modern.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRosyid, Moh.UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penanaman Doktrin, Pendidikan Kerifa’iyahan
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Jan 2025 07:36
Last Modified: 21 Jan 2025 07:36
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13347

Actions (login required)

View Item View Item