Pembinaan Seni Baca Al-Qur’an untuk Meningkatkan Prestasi Non Akademik Seni Peserta Didik SMP Tahfidh Ma’had Yasin Kudus

Inayah, Faiq Zahrotul (2023) Pembinaan Seni Baca Al-Qur’an untuk Meningkatkan Prestasi Non Akademik Seni Peserta Didik SMP Tahfidh Ma’had Yasin Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (597kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (504kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (752kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (533kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (828kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (499kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (608kB)

Abstract

Pembinaan seni baca Al-Qur’an yang diadakan SMP Tahfidh Ma’had Yasin Kudus merupakan kegiatan ekstrakurikuler rutin. Selain untuk mengikuti event Musabaqah Tilawatil Qur’an dalam hal membangun dan meningkatkan prestasi non akademik, juga untuk meningkatkan potensi membaca Al-Qur’an sesuai kaidah ilmu tajwid dan irama yang indah dalam membaca dan menghafalkan Al-Qur’an, karena tidak sedikit peserta didik yang menempuh pendidikan di SMP Tahfidh Ma’had Yasin belum bisa membaca Al-Qur’an sesuai kaidah ilmu tajwid yang benar, fasih, atau jelas dengan irama yang indah. Penelitian ini mempunyai tujuan, di antaranya mengetahui proses pembinaan seni baca Al-Qur’an, prestasi non akademik seni baca Al-Qur’an peserta didik, faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan seni baca Al-Qur’an untuk meningkatkan prestasi non akademik peserta didik SMP Tahfidh Ma’had Yasin Kudus . Jenis penelitian ini adalah Field Research (penelitian lapangan). Metode wawancara, observasi, dan dokumentasi adalah teknik pengumpulan pada penelitian ini. Sumber data yang diperoleh yaitu sumber data primer dan sekunder dengan Subjek penelitian ini di antaranya, kepala sekolah, pembina seni baca Al-Qur’an, dan peserta didik. Data dianalisis mengggunakan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembinaan seni baca Al-Qur’an yang dilakukan di SMP Tahfidh Ma’had Yasin Kudus ada tiga tahap, yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan dengan metode talqin, dan tahap evaluasi. (2) Prestasi non akademik seni baca Al-Qur’an peserta didik SMP Tahfidh Ma’had Yasin Kudus mengalami peningkatan. Hal tersebut dibuktikan bahwa dua tahun berturut-turut menjadi juara umum di ajang Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (MAPSI) 2021 dan 2022 yang didominasi oleh cabang seni baca Al-Qur’an. (3) Faktor pendukung dalam proses pembinaan seni baca Al-Qur’an di antaranya, keaktifan peserta didik, kreativitas pembina, motivasi pembina, dan sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambatnya antara lain, rasa kurang percaya diri peserta didik, peralihan suara, dan terjadinya sakit flu. Adapun implikasi atau manfaat untuk pembinaan seni baca Al-Qur’an selanjutnya adalah dengan adanya strategi pembinaan seni baca Al-Qur’an akan menumbuhkan rasa semangat peserta didik dalam belajar seni baca Al-Qur’an. selain itu, peserta didik akan lebih aktif mengikuti kegiatan pembinaan seni baca Al-Qur’an dan cinta terhadap Al-Qur’an akan tertanam dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayat, AatUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Seni Baca Al-Qur’an, Prestasi Non Akademik
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Ilmu-Ilmu Al-Qur`an > Ilmu Qiraat
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Feb 2025 08:12
Last Modified: 03 Feb 2025 08:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13493

Actions (login required)

View Item View Item