Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal melalui Tokoh Mbah Buyut Tingal di MTs Nu Hasyim Asy’ari 03 Hanggosoco Kudus

Maula, Nur Ikrimatul (2023) Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal melalui Tokoh Mbah Buyut Tingal di MTs Nu Hasyim Asy’ari 03 Hanggosoco Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (326kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (349kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (422kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (515kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (354kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (454kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (263kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (337kB)

Abstract

Pembelajaran berbasis kearifan lokal penting diterapkan untuk menanamkan nilai-nilai luhur kepada peserta didik. Namun dalam pelaksaaannya terdapat beberapa permasalahan yang cukup kompleks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal, faktor yang memengaruhi keberhasilan pembelajaran, dan respon peserta didik terhadap pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal di MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Hangosoco, Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field resecarch) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer berupa observasi dan wawancara, dan data sekunder diperoleh dari sumber buku, jurnal, internet dan lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pengmpulan data, reduksi data, display data dan conclution/verification guna menarik suatu kesimpulan. Dari penelitian ini didapatkan hasil sebagai berikut: 1) pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal melalui tokoh Mbah Buyut Tingal di MTs Nu Hasyim Asy’ari 03 Hangosoco Kudus dilaksanakan dengan metode outdoor learning dan internalisasi nilai-nilai kearifan lokal ke dalam materi pembelajaran IPS. Tujuannya agar peserta didik dapat mengimplementasikan nilai kebersamaan/gotong royong dari tokoh Mbah Buyut Tingal. 2) Faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal melalui tokoh Mbah Buyut Tingal adalah faktor lokasi dan lingkungan sekitar peserta didik. 3) Respon peserta didik dalam pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal melalui tokoh Mbah Buyut Tingal yaitu positif dan negatif. Selanjutnya, dibutuhkan pengembangan strategi pembelajaran untuk memaksimalkan pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulaswari, MisrohUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, Kearifan Lokal, Tokoh
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Kebudayaan
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Mata Pelajaran Lain (IPS, Musik, Sejarah, Geografi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Feb 2025 03:46
Last Modified: 06 Feb 2025 03:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13504

Actions (login required)

View Item View Item