Maula, Nur Ikrimatul (2023) Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal melalui Tokoh Mbah Buyut Tingal di MTs Nu Hasyim Asy’ari 03 Hanggosoco Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. Abstrak.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (349kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (422kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (515kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (454kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (337kB) |
Abstract
Pembelajaran berbasis kearifan lokal penting diterapkan untuk menanamkan nilai-nilai luhur kepada peserta didik. Namun dalam pelaksaaannya terdapat beberapa permasalahan yang cukup kompleks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal, faktor yang memengaruhi keberhasilan pembelajaran, dan respon peserta didik terhadap pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal di MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Hangosoco, Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field resecarch) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer berupa observasi dan wawancara, dan data sekunder diperoleh dari sumber buku, jurnal, internet dan lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pengmpulan data, reduksi data, display data dan conclution/verification guna menarik suatu kesimpulan. Dari penelitian ini didapatkan hasil sebagai berikut: 1) pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal melalui tokoh Mbah Buyut Tingal di MTs Nu Hasyim Asy’ari 03 Hangosoco Kudus dilaksanakan dengan metode outdoor learning dan internalisasi nilai-nilai kearifan lokal ke dalam materi pembelajaran IPS. Tujuannya agar peserta didik dapat mengimplementasikan nilai kebersamaan/gotong royong dari tokoh Mbah Buyut Tingal. 2) Faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal melalui tokoh Mbah Buyut Tingal adalah faktor lokasi dan lingkungan sekitar peserta didik. 3) Respon peserta didik dalam pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal melalui tokoh Mbah Buyut Tingal yaitu positif dan negatif. Selanjutnya, dibutuhkan pengembangan strategi pembelajaran untuk memaksimalkan pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran IPS, Kearifan Lokal, Tokoh | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Kebudayaan Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Mata Pelajaran Lain (IPS, Musik, Sejarah, Geografi) |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2025 03:46 | ||||||
Last Modified: | 06 Feb 2025 03:46 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13504 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |