Pengaruh Model Picture And Picture Terhadap Literasi Numerasi Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 Di Mi Darun Najah Ngemplak Kidul Margoyoso Pat

Ni’mah, Muhimmatun (2023) Pengaruh Model Picture And Picture Terhadap Literasi Numerasi Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 Di Mi Darun Najah Ngemplak Kidul Margoyoso Pat. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (514kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (398kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (699kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (71kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara model pembelajaran picture and picture terhadap literasi numerasi siswa pada mata pelajaran Matematika kelas 1 di MI Darun Najah.Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode peneltiian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sedangkan dari analisis data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif serta analisis regresi linier sederhana. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran picture and picture di MI Darun Najah dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu tahap I penyampaian tujuan, tahap II penyajian materi, tahap III penyajian gambar, tahap IV pemasangan gambar, tahap V eksplorasi, tahap VI dan V berturut-turut berupa penjelasan kompetensi dan penutup. 2) Hasil dari perhitungan statistik diperoleh persamaan regresi yaitu Y = 10,05 + 0,73X, yang berarti bahwa jika X nya adalah 0 (konstan) maka Y = 10,05. Ketika X bernilai 1 maka Y akan naik 10,78 begitupun seterusnya. Dan diperoleh nilai X positif 0,73 jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara variabel X dan Y. 3) Uji determinasi dilakukan peneliti dengan bantuan SPSS, diperoleh hasil nilai determinasi 0,24. Yang berarti bahwa variabel Y 24% dipengaruhi oleh variabel X. Jadi, besar pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap literasi numerasi siswa 24% dan sisanya 76% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhsani, Eva Luthfi FakhruUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Picture and Picture, Literasi Numerasi, Matematika
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Feb 2025 06:19
Last Modified: 05 Feb 2025 06:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13521

Actions (login required)

View Item View Item