Qulub, Wahanna Tathmainnul (2023) Manajemen Peserta Didik dalam Mencapai Visi di MA Perguruan Islam Mathali’ul Falah Kajen- Margoyoso- Pati. Masters thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
04 BAB I.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
05 BAB II.pdf Download (410kB) |
![]() |
Text
06 BAB III.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
07 BAB IV.pdf Download (479kB) |
![]() |
Text
08 BAB V.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan manajemen peserta didik di MA Perguruan Islam Mathali’ul Falah, (2) mendeskripsikan manajemen keunggulan MA Perguruan Islam Mathali’ul Falah, (3) mendeskripsikan ketercapaian manajemen peserta didik di MA Perguruan Islam Mathali’ul Falah dalam mencapai visinya. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis. Proses pengumpulan data yang digunakan menggunakan teknik wawancara yang mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Dalam uji keabasahan data peneliti menggunaan teknik triangualasi data untuk memastiakan keakuratan data yang dikumpulkan.Setelah itu dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis kualitatif dengan menggunakan langkah-langkah pemilahan data, reduksi data setelah itu dilakukan penyajian data. Dan pada tahap akhir dilakukanlah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Manajemen peserta didik di MA Perguruan Islam Mathali’ul Falah dilaksanakan melalui beberapa tahapan yang meliputi: Analisis kebutuhan peserta didik, Sosialisasi peneriman peserta didik baru, Rekrutmen peserta didik baru melalui sistem seleksi yang bertujuan untuk mengukur kemampuan, Orientasi tentang kemadrasahan, Penempatan peserta didik, Pembinaan dan pengembangan peserta didik, Pencatatan dan pelaporan melalui buku perensi, pengelolahan kelulusan (2) Manajemen keunggulan di MA Mathali’ul Falah diantaranya: Konsep kemampuan baca kitab kuning dan Al Qur’an, Kemampuan bahasa Asing (Arab dan Inggris), Kemampuan organisasi, Kemampuan penulisan karya tulis (Karya Tulis Arab (KTA) menjadi salah satu evaluasi akhir di kelas 3 aliyah), Manajemen Penyiapan Lulusan Lewat LQT (Lajnah Qobul Attarsyi), Publikasi dan Dakwah PIM Lewat UPM (Unit Kerja PIM), Penguatan Jejaring Alumni dan Kemandirian Ekonomi Pesantren Lewat NUSA. (3) Ketercapaian Manajemen pada Pencapaian Visi di PIM adalah adanya keseimbangan dunia dan akhirat yang dirumuskan dalam visinya yang tampak pada kalimat shalih yang pemaknaanya lebih berorientasi pada fungsi manusia sebagai khalifah, dan akram yang identik dengan fungsi manusia sebagai makhluk disisi Tuhannya selain itu dalam mengukur tingkat pencapaian tidak dilihat dari keberhasilan mencetak, melainkan keberhasilan memberikan bekal atau mempersiapkan. Keberhasilan tersebut diukur pelaksanaan misi yang ditetapkan, serta terbentuknya nilai sembilan plus satu dalam diri peserta didik. Sembilan plus satu yang dimaksud disini adalah: al-Khirs (rasa ingin tahu), al-Amanah (kejujuran), at-Tawadlu’ (sederhana), al-Istiqamah (disiplin), al-Uswah al-Hasanah (keteladanan), al-Zuhd (tidak berorientasi pada materi), al Kifah al-Mudawanah (kejuangan), al-I’timad ‘ala-nafs (kemandirian), al-Tawassuth (moderat), dan al-Barokah (manfaat)
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Peserta Didik, Manajemen Keunggulan, Pencapaian Visi | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan | ||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 12 Feb 2025 03:12 | ||||||
Last Modified: | 12 Feb 2025 03:12 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13598 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |