Afif, Afthonul (2023) Hubungan Kecerdasan Emosional dan Disiplin dengan Kemandirian Belajar PAI Siswa SMK Al-Islam Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (898kB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (447kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (579kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (686kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (565kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (578kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (464kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: a) untuk menganalisis hubungan kecerdasan emosional dengan kemandirian belajar SMK Al-Islam Kudus, b) untuk menganalisis hubungan disiplin belajar dengan kemandirian belajar SMK Al-Islam Kudus, c) untuk menganalisis hubungan kecerdasan emosional dan disiplin belajar dengan kemandirian belajar SMK Al-Islam Kudus. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah korelasional (correlational studies) yaitu penelitian yang digunakan untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan antara dua atau beberapa variabel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Cluster Random Sampling. Uji asumsi klasik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Hasil dari uji tersebut yaitu: Uji normalitas sebesar 0,18 > 0,05, 0,29 > 0,05, dan 0,29 > 0,05. Maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji normalitas diatas dapat disimpulkan bahwa H0 diterima, sehingga dapat dikatakan bahwa sampel yang berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji linearitas sebanyak 0,00 < 0,05 dan 0,04 < 0,05 yang berarti H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa tiga variabel mempunyai hubungan yang linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai correlation table tersebut sebanyak 0,832 atau dipersenkan menjadi 83,2%, jadi korelasi variabel kecerdasan emosional dengan kemandirian belajar PAI siswa dapat dinyatakan positif maka hubungannya searah. Sedangkan nilai signifikan yang menunjukkan angka 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak. Maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam dalam uji hipotesis diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kemandirian belajar PAI siswa SMK Al-Islam Kudus. Nilai Sig. F Change sebesar 0,000 (< 0,05), maka bisa disimpulkan bahwa variabel kecerdasan emosional dan disiplin belajar memiliki hubungan yang signifikan dengan kemandirian belajar PAI siswa secara simultan. Adapun nilai R (Koefisien Korelasi) sebesar 0,904, maka bisa disimpulkan tingkat hubungan antara kecerdasan emosional dan disiplin belajar dengan kemandirian belajar PAI siswa SMK Al-Islam Kudus secara simultan memiliki hubungan yang kuat.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional, Disiplin Belajar, Kemandirian Belajar | |||||||||
Subjects: | Filsafat dan Psikologi > Psikologi > Kecerdasan dan Bakat, Intelegensia Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan |
|||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 12 Feb 2025 08:14 | |||||||||
Last Modified: | 12 Feb 2025 08:14 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13611 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |