MODEL KOMUNIKASI DAKWAH BERBASIS BIMBINGAN KONSELING ISLAM (ANALISIS TERHADAP DIALOG INTERAKTIF KAJIAN FIQH MUSLIMAH DI RADIO PAS FM PATI)

yuliyatun, yuliyatun (2015) MODEL KOMUNIKASI DAKWAH BERBASIS BIMBINGAN KONSELING ISLAM (ANALISIS TERHADAP DIALOG INTERAKTIF KAJIAN FIQH MUSLIMAH DI RADIO PAS FM PATI). AT-TABSYIR STAIN Kudus, 3 (2). ISSN 2338-8544

Full text not available from this repository.
Official URL: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/komunika...

Abstract

Bimbingan dan konseling Islam merupakan bagian dari kegiatan dakwah dengan pendekatan individual dan kelompok. Di dalam bimbingan dan konseling Islam tidak sekedar membantu individu atau kelompok menyelesaikan masalah kehidupan saja, namun di dalamnya juga memuat tujuan menguatkan dimensi spiritual-relijius. Ada pesan-pesan nilai ajaran Islam yang disampaikan da’I dalam menjawab berbagai persoalan mad’u yang secara individual atau kelompok mengkonsultasikan suatu permasalahan. Untuk itu, tulisan ini merupakan hasil analisis terhadap program siaran Kajian Fiqh Muslimah dengan model Dialog Interaktif kerjasama Radio Pas FM Pati dengan Jurusan Dakwah dan Komunikasi STAIN Kudus. Penulis menemukan bahwa tidak jarang narasumber memberikan jawaban pertanyaan pendengar dengan menggunakan model komunikasi bimbingan konseling Islam. Model komunikasi dimaksud terutama dalam penggunaan bahasa lisan sebagai alat komunikasi dengan karakter bimbingan konseling Islam. Hal tersebut karena kegiatan melalui media radio penggunaan bahasa lisan menjadi penentu dalam efektivitas terjawabnya suatu permasalahan yang disampaikan pendengar.

Item Type: Article
Subjects: Islam (Umum) > Islam dan Teknologi
Fiqih
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: UPPI STAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jun 2017 09:01
Last Modified: 09 Jun 2017 09:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1364

Actions (login required)

View Item View Item