Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Islami dengan Menggunakan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Etos Belajar Siswa di MTs NU Matholi’ul Huda

Juang, Adilfi Riyanda (2024) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Islami dengan Menggunakan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Etos Belajar Siswa di MTs NU Matholi’ul Huda. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (559kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (827kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (976kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (825kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (681kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (487kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (624kB)

Abstract

Etos belajar sudah menjadi permasalahan yang telah menyelimuti kehidupan siswa sejak lama. Layanan bimbingan dan konseling dilaksanakan di berbagai sekolah baik di tingkat SMP/ MTs maupun SMA/ MA. Salah satu dari banyaknya bimbingan dan konseling adalah bimbingan kelompok, penelitian ini menggunakan layanan bimbingan kelompok untuk menguji pengaruh layanan bimbingan kelompok islami dengan menggunakan teknik self management untuk meningkatkan etos belajar siswa di MTs NU Matholi’ul Huda. Etos belajar dapat tumbuh dan berkembang yang dilakukan dengan adanya proses sosialisasi sejak dini, dengan kata lain siswa telah berada dalam lingkungan keluarga yang selalu mendukung setiap hal positif yang dilakukannya, dan kemudian siswa melanjutkan apa yang telah diperoleh di lingkungan keluarga untuk dibawa ke lingkungan sekolah dan juga masyarakat. Fenomena di MTs NU Matholi’ul Huda menunjukkan hasil prestasi yang menurun dimana hal ini disebabkan karna tingkat etos belajar siswa juga menurun. Bahan kajian dalam penelitian ini adalah apakah etos belajar dapat ditingkatkan melalui adanya layanan bimbingan kelompok islami dengan teknik self management. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok meggunakan teknik self management untuk meningkatkan etos belajar siswa MTs NU Matholi’ul Huda. Dalam penelitian ini peneliti mengunakan desain penelitian True Experimental Design dengan jenis Control Group Pretest-Postest, dengan jumlah populasi kelas IX A dan IX B dengan total siswa 45 siswa, dengan sampel sebanyak 40 siswa yang masing-masing 20 sebagai kelompok eksperimen dan 20 sebagai kelompok kontrol. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan angket etos belajar. Validitas instrument dihitung dengan taraf signifikansi 5% (rtabel= 0,294). Reliabilitas dihitung menggunakan rumus alpa Cronbach menunjukkan hasil 0,913. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa angket yang digunakan valid dan reliabel. Hasil penelitian diperoleh dari hasil Uji-t didapatkan hasil thitung sebesar 95.858 > ttabel 2,086, berdasarkan hasil dari perhitungan uji-t maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management di MTs. NU Matholi’ul Huda dapat meningkatkan etos belajar siswa. Pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan semangat siswa dalam belajar serta meningkatkan etos belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAzmi, Khilman Rofi'UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Etos Belajar, Self Management, Layanan Bimbingan Kelompok
Subjects: Filsafat dan Psikologi > Psikologi > Motivasi Belajar
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Feb 2025 04:06
Last Modified: 17 Feb 2025 04:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13671

Actions (login required)

View Item View Item