Penguatan Karakter Religius melalui Pembiasaan Ibadah pada Siswa-Siswi MTs NU Hasyim Asy'ari 2 Kudus Tahun Pelajaran 2023/2024

Ahfas, Imam (2024) Penguatan Karakter Religius melalui Pembiasaan Ibadah pada Siswa-Siswi MTs NU Hasyim Asy'ari 2 Kudus Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (995kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (555kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (657kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (699kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (672kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (824kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (469kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (606kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bentuk-bentuk pembiasaan Ibadah yang dilaksanakan dalam kegiatan penguatan karakter religius pada siswa MTs NU Hasyim Asy'ari 2 Kudus, (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung maupun yang menghambat implementasi pembiasaan ibadah dalam rangka penguatan karakter religius pada siswa MTs NU Hasyim Asy'ari 2 Kudus, serta (3) untuk mengetahui hasil atau dampak dari pembiasaan ibadah pada siswa MTs NU Hasyim Asy'ari 2 Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, sedangkan pengumpulan data mengggunakan teknik (1) Wawancara: Mewawancarai kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua terkait kegiatan pembiasaan ibadah dalam rangka penguatan karakter religius di MTs NU Hasyim Asy'ari 2 Kudus.(2) Observasi: Mengamati kegiatan pembiasaan ibadah dalam rangka penguatan karakter religius di MTs NU Hasyim Asy'ari 2 Kudus.(3) Dokumentasi: Mengumpulkan dokumen terkait program penguatan karakter religius di MTs NU Hasyim Asy'ari 2 Kudus. Data dianalisis dengan teknik tiga Langkah analisis Miles dan Huberman: pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Beberapa bentuk pembiasaan ibadah dalam rangka Penguatan karakter religius di MTs NU Hasyim Asy'ari 2 Kudus yaitu: Pembiasaan ibadah harian: Sholat berjamaah, tadarus Al-Qur'an, pembacaan dzikir dan do’a, Integrasi nilai-nilai agama dalam kurikulum. (2) Faktor pendukung implementasi penguatan karakter religius meliputi: Komitmen kuat dari kepala sekolah dan guru, Dukungan orang tua, Fasilitas yang memadai. Faktor penghambat implementasi strategi penguatan karakter religius meliputi: Kurangnya partisipasi siswa. Minimnya pengawasan dari guru ,dan Kurangnya kesadaran orang tua. (3) Dampak dari Penelitian ini adalah bahwa pembiasaan ibadah pada siswa-siswi MTs NU Hasyim Asy'ari 2 Kudus mampu menambah kuatnya karakter religius, menjadikan siswa lebih rajin beribadah, menjadikan siswa cinta dan peduli lingkungan, serta berjiwa sosial tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPartono, PartonoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, karakter religius, MTs, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Filsafat dan Teori Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Feb 2025 05:10
Last Modified: 18 Feb 2025 05:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13710

Actions (login required)

View Item View Item