Ahfas, Imam (2024) Penguatan Karakter Religius melalui Pembiasaan Ibadah pada Siswa-Siswi MTs NU Hasyim Asy'ari 2 Kudus Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
cover-kata pengantar.pdf Download (995kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (555kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (657kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (699kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (672kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (824kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (469kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (606kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bentuk-bentuk pembiasaan Ibadah yang dilaksanakan dalam kegiatan penguatan karakter religius pada siswa MTs NU Hasyim Asy'ari 2 Kudus, (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung maupun yang menghambat implementasi pembiasaan ibadah dalam rangka penguatan karakter religius pada siswa MTs NU Hasyim Asy'ari 2 Kudus, serta (3) untuk mengetahui hasil atau dampak dari pembiasaan ibadah pada siswa MTs NU Hasyim Asy'ari 2 Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, sedangkan pengumpulan data mengggunakan teknik (1) Wawancara: Mewawancarai kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua terkait kegiatan pembiasaan ibadah dalam rangka penguatan karakter religius di MTs NU Hasyim Asy'ari 2 Kudus.(2) Observasi: Mengamati kegiatan pembiasaan ibadah dalam rangka penguatan karakter religius di MTs NU Hasyim Asy'ari 2 Kudus.(3) Dokumentasi: Mengumpulkan dokumen terkait program penguatan karakter religius di MTs NU Hasyim Asy'ari 2 Kudus. Data dianalisis dengan teknik tiga Langkah analisis Miles dan Huberman: pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Beberapa bentuk pembiasaan ibadah dalam rangka Penguatan karakter religius di MTs NU Hasyim Asy'ari 2 Kudus yaitu: Pembiasaan ibadah harian: Sholat berjamaah, tadarus Al-Qur'an, pembacaan dzikir dan do’a, Integrasi nilai-nilai agama dalam kurikulum. (2) Faktor pendukung implementasi penguatan karakter religius meliputi: Komitmen kuat dari kepala sekolah dan guru, Dukungan orang tua, Fasilitas yang memadai. Faktor penghambat implementasi strategi penguatan karakter religius meliputi: Kurangnya partisipasi siswa. Minimnya pengawasan dari guru ,dan Kurangnya kesadaran orang tua. (3) Dampak dari Penelitian ini adalah bahwa pembiasaan ibadah pada siswa-siswi MTs NU Hasyim Asy'ari 2 Kudus mampu menambah kuatnya karakter religius, menjadikan siswa lebih rajin beribadah, menjadikan siswa cinta dan peduli lingkungan, serta berjiwa sosial tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | pendidikan karakter, karakter religius, MTs, Pendidikan Agama Islam | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Filsafat dan Teori Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 18 Feb 2025 05:10 | ||||||
Last Modified: | 18 Feb 2025 05:10 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13710 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |