Khima, Aufal (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS SISTEM KREDIT SEMESTER DI SMA NEGERI 01 KUDUS. Masters thesis, STAIN Kudus.
Text
1.Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2.Abstrak.pdf Download (1MB) |
|
Text
3.Daftar Isi.pdf Download (961kB) |
|
Text
4.Bab 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
5.Bab 2.pdf Download (1MB) |
|
Text
6.Bab 3.pdf Download (980kB) |
|
Text
7.Bab 4.pdf Download (2MB) |
|
Text
8.Bab 5.pdf Download (1MB) |
|
Text
9.Daftar Pustaka.pdf Download (951kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis SKS (Sistem Kredit Semester) di SMA Negeri 01 Kudus. Permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI berbasis SKS di SMA Negeri 01 Kudus, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis SKS di SMA Negeri 01 Kudus, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI berbasis SKS di SMA Negeri 01 Kudus 4) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran PAI berbasis SKS di SMA Negeri 01 Kudus 5) Bagaimana dampak manajemen pembelajaran PAI berbasis SKS di SMA Negeri 01 Kudus. Penelitian yang dilaksanakan di SMA Negeri 01 Kudus ini, menggunakan pendekatan kualitatif, dengan tujuan agar ditemukan data-data yang nyata sesuai dengan kondisi yang ada. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan terakhir dengan verifikasi atau kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Perencanaan pembelajaran, di pihak manajer sekolah yaitu penyusunan sistem penerimaan siswa baru, promosi sistem SKS, penyebaran angka SKS, pelatihan SKS, sampai penerapan pembelajaran terhadap pada anak. Perencanaan pada guru; membuat silabus dan RPP; (2) Pelaksanaan, di pihak manajer sekolah diawali dengan pembuatan tim penerimaan siswa baru, tim promosi sistem SKS, tim pelatihan SKS, tim penanggung jawab setiap program sekolah dan pembagian jam pembelajaran sekolah. Pembelajaran PAI menggunakan metode pengelolaan kelas dan siswa yang bervariasi sesuai dengan materi yang sedang dibahas; (3)Evaluasi pembelajaran meliputi tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran dan sumber pembelajaran secara keseluruhan dapat dikatakan efektif. Sedangkan evaluasi kegiatan belajar siswa meliputi ulangan harian, tugas mandiri, tugas terstruktur, ujian semester, ujian nasional; (4) Faktor pendukung: (a) fasilitas pembelajaran; (b) guru yang menguasai materi; (c) ketersediaan buku; (d) wali murid ikut mengontrol perkembangan pembelajaran anak dirumah. Faktor penghambat : (a) tugas dari mata pelajaran lain yang mengganggu , dan (b) pendanaan dari pemerintah yang kurang; (5) Dampak penerapannya, adalah: (a) Aspek kemampuan kognitif: peserta didik mampu menerima, menganalisis materi yang disampaikan oleh guru dan memberikan evaluasi kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan; (b) Aspek kemampuan afektif: peserta didik memperhatikan penjelasan guru dan bersemangat dalam belajar; (c) Aspek kemampuan psikomotorik: peserta didik mampu mengamati, bertanya dan mengaplikasikan materi pelajaran; (d) Aspek kecerdasan emosi: peserta didik bisa mengelola emosi dengan baik; (e) Aspek kecerdasan sosial: saling menghormati dan menghargai sesama(f) Aspek kecerdasan spiritual: peserta didik yang malas beribadah berubah menjadi rajin beribadah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi; Pembelajaran PAI; SKS; SMA Negeri 01 Kudus |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 10 Jun 2017 02:48 |
Last Modified: | 10 Jun 2017 02:48 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1372 |
Actions (login required)
View Item |