Ghina, Nabila Fathal (2024) Survei Respons Orang Tua terhadap Film Kartun Anak di Televisi (Studi di Wilayah Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
cover-kata pengantar.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (364kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (469kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (702kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (687kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (401kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (841kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (367kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (516kB) |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi bahwa Survei dari respons orang tua menyatakan ada beberapa film kartun yang memiliki nilai-nilai Pendidikan karakter dan patut untuk dipertontonkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respons orang tua dalam film kartun anak dan mengetahui nilai-nilai Pendidikan karakter apa saja yang ada dalam film kartun anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner terhadap orang tua yang berada di wilayah kecamatan Kaliwungu. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Film kartu pilihan orang tua yang berada di wilayah Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus yaitu film Upin dan Ipin, Film Omar dan Hana, film Nusa dan Rara, Film Sopo Jarwo dan Film Doraemon. 2) respons orang tua terhadap film kartun anak yaitu orang tua memberikan respons baik terhadap film kartun khususnya film kartun Upin-Ipin, Nusa dan Rara, Omar dan Hana, Sopo Jarwo dan Doraemon. Karena dalam film kartun tersebut sangat menginspirasi, mendidik dan memotivasi para orang tua serta anak-anaknya. Dalam film kartun tersebut mengajarkan tentang keagamaan, sikap saling menghargai, saling menyayangi, jujur terhadap hal apapun, peduli terhadap sesama, dan memberikan contoh perilaku yang baik. Tidak hanya itu, dalam respons orang tua terhadap film yang tidak diperbolehkan untuk dipertontonkan seperti film Spongebob Squarepants dikarenakan memberikan adegan dewasa serta tutur Bahasa yang digunakan kasar dan adegannya tidak mendidik. 3) Nilai-nilai Pendidikan karakter yang ada di film kartun anak khususnya film Upin-Ipin, Nusa dan Rara, Omar dan Hana, Sopo Jarwo dan Doraemon adalah sebagai berikut: nilai religius, nilai mandiri, nilai jujur, nilai peduli sosial, nilai kerja keras, nilai peduli lingkungan dan nilai toleransi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Film Kartun Anak, Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Respons Orang Tua | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Filsafat dan Teori Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 25 Feb 2025 01:36 | ||||||
Last Modified: | 25 Feb 2025 01:36 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13772 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |