MODEL PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DALAM PENYEDIAAN SUMBER BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP PLUS AR-RAHMAT BOJONEGORO.

Musthofa, Ali Imam (2015) MODEL PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DALAM PENYEDIAAN SUMBER BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP PLUS AR-RAHMAT BOJONEGORO. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
ALI IMAM MUSTHOFA (111 385) JURUSAN TARBIYAH PAI 2015_opt.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pengelolaan perpustakaan merupakan hal yang seharusnya dilakukan mengingat perpustakaan merupakan sarana yang harus ada di dalam sekolahan. Namun keadaan di lapangan masih banyak sekolah yang memiliki banyak problem di dalam perpustakaan. Misalnya minimnya manajemen sekolah, kurangnya dana, kurangnya koleksi buku, pustakawan, dan bahkan sebagian ada sekolah yang belum memiliki perpustakaan yang standar. Salah satu fungsi perpustakaan adalah sebagai sumber belajar untuk siswa. Jika perpustakaan sendiri belum layak untuk digunakan, maka kebutuhan siswa untuk belajar akan terhambat karena kurangnya kualitas perpustakaan yang dimiliki. Maka dari itu, pihak sekolahan harus mampu mengelola perpustakaan menjadi lebih berkualitas sehingga bisa menjadi sumber belajar bagi siswa. Dengan demikian kegiatan pembelajaran akan lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) model pengelolaan perpustakaan dalam penyediaan sumber belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Ar-Rahmat Bojonegoro. (2) sejauh mana perpustakaan memberikan penyediaan sumber belajar siswa khususnya mata pelajaran PAI. (3) faktor pendukung dan penghambat pengelolaan perpustakaan dalam penyediaan sumber belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Ar-Rahmat Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer meliputi wawancara kepada kepala sekolah, pengelola perpustakaan/pustakawan, peserta didik kelas dan observasi lokasi penelitian dan data sekunder meliputi arsip-arsip tentang keadaan SMP Plus Ar-Rahmat Bojonegoro berupa keadaan guru, siswa dan struktur organisasi, maupun dokumen-dokumen yang berupa letak geografis, keadaan sarana dan prasarana. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) untuk pengelolaan perpustakaan di SMP Ar-Rahmat Bojonegoro, sudah tangani oleh pustakawan karena banyak sekolah yang hanya mengandalkan guru ntuk mengelola perpustakaan(2) untuk penyediaan sumber belajar, perpustakaan di SMP Plus Ar-Rahmat Bojonegoro sudah memadai, karena koleksi buku di perpustakaan ini sudah cukup banyak antara lain: tentang agama, IPA, IPS, pendidikan, Olimpiade (3) adapun faktor pendukung pengelolaan perpustakaan di SMP Plus Ar-Rahmat Bojonegoro adalah koleksi buku yang cukup untuk belajar, dukungan dari pihak sekolah, rasa ingin tahu siswa yang cukup tinggi, adapun faktor penghambatnya adalah pustakawan yang masih merangkap sebagai guru, sarana dan prasarana yang belum maksimal, kepengurusan yang belum maksimal Kata Kunci: Model Pengelolaan Perpustakaan, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Karya Umum > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Agama
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 Jun 2017 03:42
Last Modified: 11 Jun 2017 03:42
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1379

Actions (login required)

View Item View Item