STRATEGI PRODUKSI DAN SUMBER DAYA MANUSIA GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DENGAN PENDEKATAN ATLAS PROJECT METHOD STUDI KASUS AT TAQWA BAKERY KUDUS

Syaifudin, Slamet (2016) STRATEGI PRODUKSI DAN SUMBER DAYA MANUSIA GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DENGAN PENDEKATAN ATLAS PROJECT METHOD STUDI KASUS AT TAQWA BAKERY KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
SLAMET SYAIFUDIN NIM 211225_opt.pdf

Download (3MB)

Abstract

Supaya dapat bersaing perusahaan harus mempunyai strategi tertentu dalam upaya meningkatkan volume penjualan dan memperluas pangsa pasar. Penetapan strategi pemasaran akan berpengaruh pada naik turunnya volume penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis strategi produksi dan sumber daya manusia guna meningkatkan volume penjualan dengan pendekatan atlas project method. Penelitian ini termasuk dalam field research atau penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data kualitatif yang bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi produksi yang digunakan At Taqwa Bakery Kudus meliputi perencanaan produksi, perencanaan fasilitas fisik produksi misalnya, gedung tempat bekerja, mesin. Penentuan lokasi perusahaan, bangunan tempat produksi roti, perencanaan tata letak fasilitas produksi yaitu meletakkan oven didekat bagian packing sehingga lebih efektif dalam pembungkusan roti. Pengendalian produksi yaitu beroperasi berdasarkan pesanan dari konsumen. Strategi sumber daya manusia meliputi peranan tenaga kerja, perencanaan sumber daya manusia yang baik dan akurat yaitu dengan merekrut karyawan yang memiliki keahlian dalam membuat roti. Pembayaran karyawan yang sesuai dengan keahlian karyawan, serta dibayarkan tepat pada waktunya. Waktu kerja yang digunakan flexible workweek (bekerja fleksibel dalam seminggu). Volume penjualan At Taqwa Bakery Kudus sangat fluktuatif, untuk volume penjualan tiap bulannya rata-rata berkisar antara Rp. 25 juta hingga Rp. 80 juta. Dengan tingkat penjualan rata-rata berkisar 12.000 hingga 40.000 roti setiap bulannya. Analisis strategi produksi dan sumber daya manusia guna meningkatkan volume penjualan dengan pendekatan atlas project method yaitu dengan menggunakan empat komponen utama perusahaan yang meliputi technoware, kemudian humanware, infoware, orgaware yaitu pengaturan organisasi untuk mencapai hasil yang positif yaitu demi produktifitas pembuatan bakery. Kata Kunci : Strategi Produksi, Strategi Sumber Daya Manusia, Pendekatan Atlas Project Method.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Produksi dan Industri
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, Komunikasi, Transportasi > Perdagangan
Divisions: Fakultas Syariah > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Jun 2017 05:11
Last Modified: 11 Jun 2017 05:11
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1384

Actions (login required)

View Item View Item