A’isah, Khalimatul (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Model Pembelajaran Jigsaw dalam Pembelajaran PPKN Kelas IV di MI NU Nahdlatul Athfal Puyoh Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
04. BAB I.pdf Download (611kB) |
![]() |
Text
05. BAB II.pdf Download (638kB) |
![]() |
Text
06. BAB III.pdf Download (509kB) |
![]() |
Text
07. BAB IV.pdf Download (856kB) |
![]() |
Text
08. BAB V.pdf Download (373kB) |
![]() |
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (498kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterkaitan implementasi kurikulum merdeka melalui model pembelajaran jigsaw dalam pembelajaran PPKN kelas IV di MI NU Nahdlatul Athfal Puyoh Dawe Kudus tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan studi lapangan menggunakan metode kualitatif. Peneliti menyediakan sumber data primer dan sekunder. Wawancara (dengan informan 6 orang antara lain kepala madrasah, guru kelas IV, 2 orang siswa, dan 2 orang tua/wali siswa), observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Data tersebut kemudian direduksi, disajikan, dan ditarik kesimpulan. Pengambilan sampling informan menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis Purposive Sampling. Sedangkan tujuan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan berbagai cara, antara lain memperluas observasi, meningkatkan ketekunan, triangulasi, menggunakan banyak referensi, dan melakukan member check. Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti ini menunjukkan bahwa: 1) Pada tahap perencanaan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka melalui model pembelajaran jigsaw dalam pembelajaran PPKN kelas IV guru telah mengikuti tahapan yang sesuai dengan kurikulum merdeka yaitu guru menganalisa, menyususn program, dan menetapkan tujuan pembelajaran, serta guru menciptakan modul ajar.; 2) Pada tahap pelaksanaan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka melalui model pembelajaran jigsaw dalam pembelajaran PPKN kelas IV dengan materi Hak dan Kewajiban Sebagai Peserta Didik dan Anggota Keluarga sudah dapat terlaksana dengan semestinya dan mampu meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa, keaktifan siswa, mampu mengimplementasikan model pembelajaran jigsaw, serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa.; 3) Terdapat kendala yang dihadapi guru, siswa, dan sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka melalui model pembelajaran jigsaw dalam pembelajaran PPKN kelas IV. Adapun kendalanya adalah sarana prasarana sekolah yang kurang memadai, sistem penilaian yang masih rumit, sumber belajar yang masih kurang untuk kegiatan pembelajaran dan siswa cenderung pasif dalam kegiatan belajar di kelas. Walaupun terdapat kendala, namun dalam penerapan kurikulum merdeka melalui model pembelajaran jigsaw dalam pembelajaran PPKN memiliki keuntungan. Adapun keuntungannya yaitu siswa menjadi lebih terlibat, pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, dan diperlukan instruktur yang lebih kreatif dan orisinal dalam menggunakan model, teknik, dan taktik dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini perlu mendapat perhatian khusus demi tercapainya tujuan pembelajaran yang sesuai dengan isi dari kurikulum merdeka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kurikulum Merdeka, Jigsaw, PPKN | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Kurikulum |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 04 Mar 2025 03:51 | ||||||
Last Modified: | 04 Mar 2025 03:51 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13849 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |