POLA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELUARGA PETANI DI DESA TERTEG PUCAKWANGI PATI

Yanti, Yanti (2015) POLA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELUARGA PETANI DI DESA TERTEG PUCAKWANGI PATI. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
YANTI NIM 1310130003 JURUSAN TARBIYAH PAI 2015_opt.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan agama Islam merupakan usaha sadar generasi tua untuk mengalihkan pengalaman, pengetahuan, kecakapan dan keterampilan kepada generasi muda agar kelak menjadi manusia muslim yang bertaqwa kepada Allah, berbudi luhur, berkepribadian luhur yang memahami dan menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam dalam kehidupannya. Untuk meningkatkan pendidikan dan latihan diperlukan beberapa cara atau metode yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Sebagaimana para petani di Desa Terteg Pucakwangi Pati dalam mendidik agama Islam dalam keluarga mereka yaitu menggunakan berbagai pola yang sesuai dengan tingkat pengetahuan mereka. Tujuan penelitian ini adalah : untuk mengetahui pola pendidikan agama Islam yang digunakan oleh orang tua dalam mendidik anaknya di lingkungan keluarga petani di Desa Terteg Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi yang diperoleh dari informan (kepala desa, keluarga petani dan anak) terkait dengan permasalahan penelitian. Adapun lokasi penelitian di Desa Terteg Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Kajian ini menunjukkan bahwa: pelaksanaan Pendidikan Agama Islam bagi anak pada keluarga petani dimulai sejak anak usia dini dan dilaksanakan di lingkungan keluarga masing-masing melalui kehidupan sehari-hari, di masjid atau di mushala dan Madin serta TPQ. Keluarga petani dalam mendidik anak tentang agama Islam di lingkungan keluarga, menggunakan metode pembiasaan, peneladanan dan metode nasehat yang merupakan metode pendidikan paling sesuai di lingkungan keluarga. Materi yang diajarkan pada anak oleh keluarga petani yaitu semua materi agama Islam yang meliputi akidah, akhlak dan syariah Islam secara bersamaan dalam aktifitas kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga. Adapun pola pendidikan yang digunakan oleh keluarga petani dalam mendidik anaknya tentang agama Islam di lingkungan keluarga terdiri dari pola pendidikan yang memiliki kecenderungan Otoritatif, pola pendidikan Otoriter, dan pola pendidikan yang memiliki kecenderungan Permisif. Adapun keluarga petani yang menggunakan pola pendidikan yang memiliki kecenderungan Otoritatif dalam mendidik anaknya tentang agama Islam dikarenakan orang tua memiliki tingkat pendidikan yang tinggi dan memiliki wawasan yang luas, sedangkan keluarga petani yang menggunakan pola pendidikan Otoriter dikarenakan mereka merasa serba tahu apa yang terbaik untuk anak dan apa yang harus dilakukan anak, dan pola pendidikan yang memiliki kecenderungan Permisif, disebabkan orang tua terlalu sibuk dengan pekerjaan atau urusan lain sehingga lupa dengan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Sekolah dan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Jun 2017 05:36
Last Modified: 11 Jun 2017 05:36
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1387

Actions (login required)

View Item View Item