Maghfiroh, Anis (2016) PENERAPAN METODE SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA MIFTAHUT THULLAB CENGKALSEWU SUKOLILO PATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
SKRIPSI ANIS MAGHFIROH (112247)_opt.pdf Download (18MB) |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah dalam proses belajar mengajar mata pelajaran Fiqih di MA Miftahut Thullab Cengkalsewu Sukolilo Pati kurang mendapat perhatian pendidik terhadap variasi penggunaan metode pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan yang lebih baik. Pendidik yang hanya menggunakan metode konfensional yaitu metode ceramah dalam proses pembelajaran Fiqih menjadikan peserta didik bosan dan jenuh dalam proses pembelajaran. Agar peserta didik tidak merasa bosan dan jenuh, maka pendidik menerapkan metode pembelajaran spontaneous group discussion diharapkan peserta didik dengan cepat dan mudah memahami materi pelajaran. Sehingga dalam pelaksanaan proses belajar mengajar nantinya dapat berjalan secara efektif dan efisien serta menghasilkan out put yang cerdas dan siap menghadapi tantangan zaman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang dilakukan dalam lapangan atau penilitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, interview (wawancara) kepada kepala madrasah, guru mata pelajaran Fiqih dan peserta didik kelas XI, dan melalui dokumentasi. Hasil penelitian menujukan bahwa Penerapan Metode Spontaneous Group Discussion Pada Mata Pelajaran Fiqih di MA Miftahut Thullab Cengkalsewu Sukolilo Pati Tahun Pelajaran 2015/2016 yaitu: Pertama, penerapan metode tersebut terdapat 3 tahapan dalam proses pembelajarannya, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan penilaian (evaluasi). Kedua, faktor pendukung dalam penerapan metode spontaneous group discussion pada mata pelajaran Fiqih yaitu peserta didik lebih paham tentang masalah-masalah yang terjadi dimasyarakat dan mengetahui cara penyelesaian masalah tersebut melalui diskusi dengan kelompok masing-masing, peserta didik dapat menerima dengan baik proses pembelajaran Fiqih serta tidak merasa bosan karena tema yang diberikan adalah suatu yang baru bagi peserta didik. Selain itu, peserta didik juga terlibat langsung dalam proses diskusi sehingga mereka bisa mengungkapkan pendapatnya ketika berdiskusi dengan kelompoknya. Sedangkan faktor penghambat dalam metode spontaneous group discussion pada mata pelajaran Fiqih yaitu peserta didik sudah mulai bosan jika terlalu lama berdiskusi. Selain itu, peserta didik juga kurang semangat ketika proses pembelajaran dilaksanakan pada jam terakhir atau jam menjelang waktu peserta didik pulang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode; Spontaneous Group Discussion; Fiqih |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 11 Jun 2017 06:00 |
Last Modified: | 11 Jun 2017 06:00 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1389 |
Actions (login required)
View Item |