Murbaist, Khoiril (2024) Analisis Konten Instagram @greenpeaceid Dalam Menumbuhkan Kesadsaran Lingkungan. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2. Abstrak.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) |
Abstract
Krisis lingkungan seperti perubahan iklim, polusi, dan hilangnya biodiversitas terus meningkat akibat eksploitasi alam dan kurangnya kesadaran masyarakat. Greenpeace Indonesia menggunakan media sosial Instagram untuk mengedukasi dan menggerakkan masyarakat dalam menjaga lingkungan. Namun, efektivitas strategi komunikasi Greenpeace Indonesia dalam menyampaikan pesan lingkungan dan kaitannya dengan nilai-nilai Islam sebagai landasan etika pelestarian alam belum banyak diteliti. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menganalisis konten Instagram @greenpeaceid. (2) Mengetahui upaya-upaya @greenpeaceid untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan dalam perspektif Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis isi berdasarkan model Miles dan Huberman. Data diambil dari unggahan akun @greenpeaceid selama periode tertentu pada tahun 2024. Untuk pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Sedangkan untuk teknik analisis datanya menggunakan teori uses and gratification Greenpeace Indonesia menggunakan berbagai teknik komunikasi secara strategis untuk menyampaikan pesan lingkungan, dengan konten yang menarik perhatian masyarakat dan mengkritisi kebijakan pemerintah. Dalam perspektif Islam, upaya Greenpeace Indonesia sejalan dengan prinsip menjaga lingkungan sebagai bagian dari amanah manusia sebagai khalifah di bumi. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami strategi komunikasi digital untuk kesadaran lingkungan serta menawarkan pendekatan baru yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam kampanye lingkungan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Greenpeace, kesadaran lingkungan | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Perdagangan, Komunikasi, Transportasi > Komunikasi Telekomunikasi | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2025 02:21 | ||||||
Last Modified: | 13 Mar 2025 02:21 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13957 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |