KONSTRUKSI HARMONI DALAM PLURALITAS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 2 UNDAAN KUDUS

NURKHAMIMAH, NURKHAMIMAH (2016) KONSTRUKSI HARMONI DALAM PLURALITAS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 2 UNDAAN KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
NURKHAMIMAH._opt.pdf

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam menciptakan kehidupan berbangsa dan bernegara yang harmonis diperlukan sikap toleransi yang tinggi serta menjunjung tinggi nilai-nilai pluralisme. secara eksplisit sudah menjadi tugas dan kewajiban umat Islam untuk selalu menjaga Islam sebagai agama Rahmatal lil’alamin . Namun realita yang di Indonesia sebagai negara plural terjadi banyak konflik bernuansa SARA. Oleh karena itu diperlukan pengkajian ajaran agama yang ada dalam lembaga pendidikan, termasuk PAI sebagai mayoritas pengikutnya yang nantinya menjadi penentu keharmonisan dalam pluralitas agama. Sehingga dengan mengetahui pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Undaan Kudus yang menjunjung tinggi akan toleransi diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam menyikapi perbedaan yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis konstruksi harmoni dalam pluralitas siswa melalui pembelajaran PAI, peran guru PAI dalam konstruksi harmoni dalam pluralitas siswa dan dampak konstruksi harmoni dalam pluralitas siswa melalui pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sesuai dengan obyek kajian yaitu siswa muslim, Kristen dan Sikep, maka penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berlokasi di SMP Negeri 2 Undaan Kudus. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) adanya konstruksi harmoni dalam pluralitas siswa melalui pembelajaran PAI dalam tiga momen simultan eksternalisasi, objektifasi dan internalisasi dengan ketentuan bahwa: guru PAI, materi PAI sebagai bagian dari eksternalisasi, metode PAI sebagai objektifasi dan internalisasi serta evaluasi PAI sebagai internalisasi yang sudah memenuhi kristeria toleransi siswa muslim dengan non muslim (Kristen dan Sikep) 2). Peran guru PAI dalam konstruksi harmoni dengan ketentuan kenyataan sehari-hari siswa muslim dengan non muslim dan interaksi sosial siswa muslim dengan non muslim sudah harmonis serta bahasa dalam kenyataan sehari-hari siswa muslim dan non muslim sudah bertoleran. 3). Dampak konstruksi harmoni dalam pluralitas siswa (Islam, Kristen dan Sikep) melalui pembelajaran PAI telah masuk dalam kategori sikap inklusif. Yang menerima keaneka ragaman kultur dan budaya serta agama dengan ketentuan ikutnya Sikep terahadap pembelajaran PAI disebabkan karena faktor lingkungan, Keluarga tidak melarang untuk masuk Islam dan yang paling penting adalah adanya keinginan sendiri dari Ssiswa Sikep itu sendiri, dan Inklusif bersifat untuk memberikan kebebasan dengan ketentuan Sikep juga tidak dipaksakan untuk mengikuti PAI dan hasilnya adalah Sikep telah mengikuti Pendidikan Agama Kristen, dikarenakan faktor orang tua tetap ingin anaknya menjadi Sikep, Sehingga mengambil langkah yang di anggap mudah yaitu Pendidikan Agama Kristen tanpa ada tulisan Arab dan tanpa mengikuti praktik PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konstruksi harmoni; Pluralitas siswa; Pembelajaran PAI
Subjects: Sosial dan Budaya Islam
Sosial dan Budaya Islam > Masyarakat Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Sekolah dan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Jun 2017 07:00
Last Modified: 11 Jun 2017 07:00
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1396

Actions (login required)

View Item View Item