Nihla, Khanana (2024) Analisis Pengeloaan Program Sanggar Genius Studi Kasus di Yatim Mandiri Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
cover-kata pengantar.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (547kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (600kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (625kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (676kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (587kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (554kB) |
Abstract
Program Sanggar Genius yang dikelolakan oleh Yatim Mandiri Kabupaten Kudus merupakan inisiatif yang berdampak besar dalam meningkatkan akses dan mutu pendidikan bagi anak yatim dan dhuafa. Namun, untuk memastikan keberhasilan program ini, diperlukan analisis terhadap pengeloaan belajar mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengutamakan pada studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, serta analisis dokumen yang terkait dengan program Sanggar Genius. Responden utama adalah Guru aktif dalam program tersebut, serta staf dan pengelola program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen yang efektif, termasuk perencanaan yang matang, pengorganisasian yang baik, kepemimpinan yang kuat, serta pengendalian yang terstruktur, memiliki dampak positif terhadap peningkatan pencapaian modul prestasi belajar. Selain itu, penerapan teori bunyamin s bloom dalam pendekatan pembelajaran telah membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta. Upaya program Sanggar Genius dalam mencapai keberhasilan juga terbukti efektif melalui strategi pengajaran yang beragam, penggunaan teknologi pendidikan, dukungan sosial, serta pembinaan personal bagi peserta. Integrasi nilai-nilai pendidikan dan motivasi intrinsik juga menjadi faktor penting dalam meraih pencapaian yang optimal. Penelitian ini memberikan kontribusi yang berharga dalam pengembangan bidang dan peningkatan Program Sanggar Genius, serta memberikan kontribusi bagi teori dan praktik pendidikan khususnya dalam konteks anak yatim dan dhuafa. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan sebagai panduan bagi penyelenggara program serupa dalam meningkatkan efektivitas dan dampak positif terhadap peserta.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Anak Yatim dan Dhuafa, Program Sanggar Genius, Yatim Mandiri Kabupaten Kudus | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran |
||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf (MZW) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2025 01:52 | ||||||
Last Modified: | 14 Mar 2025 01:52 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13979 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |