ANALISIS REKRUTMEN DAN SELEKSI KARYAWAN DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN SUMBER DAYA MANUSIA (STUDI KASUS PADA KSPPS FASTABIQ KHOIRO UMMAH)

Rohmawati, Atik (2016) ANALISIS REKRUTMEN DAN SELEKSI KARYAWAN DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN SUMBER DAYA MANUSIA (STUDI KASUS PADA KSPPS FASTABIQ KHOIRO UMMAH). Undergraduate thesis, STAIN kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK PDF.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah, merupakan salah satu lembaga keuangan syariah yang dalam menjalankan organisasinya meggunakan manajemen yang baik sekaligus mengedepankan aspek syariah. Proses rekrutmen dan seleksi yang efektif dan berdasarkan syariah sangat dibutuhkan agar perusahaan mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan dan kualifikasi perusahaan. Dalam memenuhi kebutuhan SDM melalui rekrutmen dan seleksi KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah dilapangan menemui kesulitan mendapatkan kandidat karyawan laki-laki muslim yang tepat sesuai kebutuhan. Dari kejadian tersebut ada sisi kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya yaitu KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah menerapkan strategi rekrutmen dan seleksi yang begitu detail. Sedangkan kekurangannya dengan detailnya strategi yang diterapkan perusahaan kesulitan mendapatkan kandidat yang tepat tersebut sehingga menghabiskan banyak waktu, tenaga, pikiran dan juga biaya. Padahal di Kabupaten Pati khususnya memiliki mayoritas penduduk yang beragama Islam dan dimungkinkan memiliki banyak kandidat karyawan laki-laki muslim. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor, proses dan kendala yang harus dipertimbangkan dalam proses rekrutmen dan seleksi karyawan dalam memenuhi kebutuhan akan sumber daya manusia. Penelitian ini menggunakan jenis field research dengan metode pendekatan penelitian Kualitatif, pengumpulan data dilakukan pada natural setting (kondisi yang alamiah), sumber data primer, teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam (in depth interview), obeservasi, dan dokumentasi, teknik kredibilitas data dengan menggunakan Triangulasi, analisis data dengan reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KSPPS Fastabiq memiliki karyawan berjumlah 212 dengan hasil rekrutmen dan seleksi 26 karyawan baru. Rekrutmen menggunakan metode eksternal dan internal, sumber rekrutmen lowongan publik; job fair dan mitra pendidikan. Seleksi menggunakan tes aplikasi lamaran; tes potensi akademik; tes seleksi praktik; interview; mekanisme survey; interview direktur dan tanda tangan kontrak. Faktor pendukung dan penghambat KSPPS Fastabiq yakni kebutuhan SDM yang belum sesuai dengan kualifikasi dan semangan individu untuk mengembangkan diri. Upaya KSPPS Fastabiq yakni dengan mengupayakan pembukaan lowongan yang lebih lama dan pola publikasi agar mendapatkan kandidat sebanyak-banyaknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Rekrutmen; Seleksi; SDM
Subjects: Sosial > Interaksi Sosial
Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi
Sosial > Ilmu Ekonomi
Sosial > Ilmu Ekonomi > Koperasi
Divisions: Syariah > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2016 06:51
Last Modified: 03 Dec 2016 06:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/141

Actions (login required)

View Item View Item