Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Remaja melalui Kegiatan IPNU-IPPNU di Desa Tambahrejo Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora

Thohirin, Muhammad (2023) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Remaja melalui Kegiatan IPNU-IPPNU di Desa Tambahrejo Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (579kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (242kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (711kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (602kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (580kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi Persoalan yang datang dari para remaja yang terlibat dari kasus tawuran sesama pelajar, pembully-an anatar siswa, pemerkosaan, hamil diluar nikah, narkoba, perampokan dan masih banyak yang lainnya juga ikut menjadi persoalan di Indonesia. Sehingga penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) penanaman nilai-nilai pendidikan islam pada remaja melalui kegiatan IPNU IPPNU Di Desa Tambahrejo (2) faktor pendukung dan penghambat dalam proses penanaman nilai-nilai pendidikan islam pada remaja melalui kegiatan IPNU IPPNU Di Desa Tambahrejo (3) hasil penanaman nilai-nilai pendidikan islam pada remaja melalui kegiatan IPNU IPPNU Di Desa Tambahrejo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan penelitian kualitatif di IPNU-IPPNU Ranting Tambah rejo, Blora. Subyek penelitiannya yaitu adalah ketua, anggota serta pembina IPNU-IPPNU Desa Tambahrejo Kecamatan Tunjungan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data penulis menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun analisis data menggunakan teori dari Miles and Huberman yaitu dengan menggunakan tiga langkah diantaranya reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses penanaman nilai-nilai pendidikan islam pada remaja di Desa Tambahrejo ini dilakukan melalui kegiatan keorganisasian IPNU-IPPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) yang ada di desa. Melalui kegiatan keorganisasian yang ada Islam remaja desa Tambahrejo terbentuk melalui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan. Ada beberapa kegiatan yang dapat membentuk Islami kepribadian anggota IPNU-IPPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) Desa Tambahrejo, diantaranya adalah kaderisasi, selapanan rutinan, pelaksana peringatan hari besar Islam (PHBI) dan pelatiihan-pelatihan lainnya. 2) Beberapa faktor pendukung penanaman nilai-nilai pendidikan islam di IPNU-IPPNU Ranting Tambah rejo adalah dukungan dari tokoh-tokoh terkemuka di Desa Tambahrejo. Selain faktor pendukung dalam prosesnya menanamkan nilai-nilai pendidikan islam ini IPNU-IPPNU desa Tambahrejo juga menemukan beberapa kendala yang ditemui di lapangan, diantaranya adalah kurangnya percaya diri dari kepengurusan harian dalam melaksanakan suatu kegiatan yang dapat membentuk Islam anggota serta kurangnya kesadaran diri betapa pentingnya pendidikan Islam. 3) Dengan adanya penanaman nilai-nilai pendidikan islam yang ada pada IPNU-IPPNU ranting Tambahrejo memberikan dampak yang sangat positif bagi para remaja di Desa Tambahrejo terutama bagi remaja yang ikut dan berpartisipasi aktif dalam IPNU-IPPNU ranting Tambahrejo. Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan IPPNU-IPPNU desa Tambahrejo ini diarahkan untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan islam yang tentunya memberikan dampak yang positif. Diantara hasil dari penanaman nilai-nilai pendidkan islam yang ada di Desa Tambahrejo adalah sikap Disiplin, percaya diri, komunikatif dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMujab, SaifulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Islam, Remaja, IPNU-IPPNU
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Apr 2025 07:36
Last Modified: 14 Apr 2025 07:36
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14112

Actions (login required)

View Item View Item