Penanaman Pendidikan Karakter Peduli Sosial di MTs NU Ma’arif Kaliwungu Kudus

Mukhtarom, Zainal (2024) Penanaman Pendidikan Karakter Peduli Sosial di MTs NU Ma’arif Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (728kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (390kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (345kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (428kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (488kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (389kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (577kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (275kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, penulis melihat nilai kepedulian sosial pada siswa masih kurang. Sehingga penulis ingin meneliti penyebab dari hal tersebut. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penanaman pendidikan karakter peduli sosial dalam budaya di sekolah MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus (2)Bagaimana penanaman pendidikan karakter peduli sosial dalam Pembelajaran IPS di MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus (3) Bagaimana manfa’at dalam penanaman pendidikan karakter peduli sosial di MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan guru IPS, Kepala Sekolah, dan Siswa untuk mengetahui penanaman pelaksanaan pendidikan karakter peduli sosial dalam Pembelajaran IPS, Budaya di sekolah, dan manfaat penanaman pendidikan karakter peduli sosial di MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus. Observasi dilakukan untuk mengetahui peran guru, budaya di sekolah, hingga manfaat dalam penanaman pendidikan karakter peduli sosial pada siswa. Dokumentasi dengan mengambil foto secara langsung. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, data display dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter peduli sosial dalam budaya di sekolah yang dilaksanakan yaitu tercermin dari beberapa kegiatan rutin dimana dintaranya yaitu membiasakan bertegur sapa atau memberi salam, melakukan infaq mingguan dan bulanan, membersihkan kelas bersama, dan kegiatan Qurban. Kemudian dalam keteladanan yang di lakukan yaitu guru mencontohkan perilaku yang baik pada kegiatan sehari-hari di sekolah seperti bersikap baik, saling membantu dan peduli terhadap sesama. Adapun strategi atau cara yang dilakukan dalam menanamkan pendidikan karakter peduli sosial dalam pembelajaran IPS di MTs NU Miftahul Ma’arif yaitu melalui cara yang dapat dilakukan dengan menyediakan fasilitas untuk menyumbang seperti kotak infaq, kegiatan santunan anak yatim, dan menjenguk guru atau siswa yang sedang sakit, melaksanakan takziyah bersama, saling berempati terhadap sesama teman agar saling membantu dan peduli satu sama lain. dan yang terakhir yaitu membangun kerukunan warga kelas melalui upaya dengan cara saling menghargai, bekerja sama antar teman dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFatmawati, NoorUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, peduli sosial, budaya sekolah, pembelajaran IPS
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Filsafat dan Teori Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Apr 2025 01:58
Last Modified: 22 Apr 2025 01:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14141

Actions (login required)

View Item View Item