Nurfatonah, Siti (2024) Metode Pembelajaran Menurut Imam al-Ghazali dalam Kitab Ayyuha al-Walad dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter Anak Remaja di Era 5.0. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. Abstrak.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (357kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (707kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (351kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (723kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (353kB) |
Abstract
Metode pembelajaran merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam mencapai keberhasilan pada sebuah pendidikan. Karakter anak remaja saat ini sangat lemah dan mengalami krisis moral seperti kenakalan remaja, kasus kejahatan seksual, penganiayaan, dan pergaulan bebas. Oleh karena itu, metode pembelajaran sangat penting untuk diterapkan terutama dalam lingkup dunia pendidikan karakter. Penelitian ini meneliti metode pembelajaran menurut Imam al-Ghazali dalam kitabnya yang berjudul Ayyuha al-Walad. Penelitian ini difokuskan terhadap bagaimana karakter remaja di era 5.0, metode pembelajaran menurut Imam al-Ghazali dalam kitab Ayyuha al-Walad dan relevansinya terhadap pendidikan karakter anak remaja di era 5.0. Maka, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran dalam membentuk karakter remaja dan relevansinya terhadap pendidikan karakter anak remaja di era 5.0. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu kitab Ayyuha al-Walad yang ditulis oleh Imam al-Ghazali. Teknik analisis isi (content analysis) yang digunakan dalam menganalisis data. Sedangkan pada proses analisis diawali dengan membaca-baca buku yang berkaitan dengan penelitian dan kitab Ayyuha al-Walad, membuat kategori bahasan yang akan dianalisis, mencatat dan mendata pokok-pokok pembahasan, menafsirkan isi kandungan teks, menganalisis pesan-pesan yang terkandung di dalam teks tersebut, menghubungkan dari hasil analisis dengan kerangka teori dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Karakter anak remaja di era 5.0 sangat lemah dan mengalami krisis moral yang sangat memprihatikan seperti remaja yang bergantung pada teknologi. Banyak terjadi kasus seperti tawuran antar pelajar, perundungan, dan lain sebagainya. Maka saat ini pendidikan karakter bagi remaja sangat penting untuk di terapkan supaya tidak melakukan tindakan-tindakan yang berakibat buruk dan tidak melanggar nilai norma. (2) Metode pembelajaran menurut Imam al-Ghazali dalam kitab Ayyuha Al-Walad merupakan sebuah metode yang dipergunakan dalam pendidikan karakter yakni meliputi metode nasihat, metode pembiasaan, metode keteladanan, dan metode cerita atau kisah. (3) Metode pembelajaran menurut Imam al-Ghazali dalam kitab Ayyuha Al-Walad relevan terhadap pendidikan karakter remaja di era 5.0, melalui metode pembelajaran dengan pembiasaan karakter sejak dini maka anak remaja terbiasa menjadi hamba yang taat kepada Allah Swt. dan senantiasa berbuat baik sesuai syari’at Islam. Implikasi dari penerapan metode pembelajaran yaitu membentuk karakter remaja yang taat kepada Allah Swt. dan menjauhi larangan-Nya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran, Pendidikan Karakter, Karakter Remaja | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Filsafat dan Teori Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Modul Pembelajaran |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 05 May 2025 06:59 | ||||||
Last Modified: | 05 May 2025 06:59 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14196 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |