UPAYA ORANG TUA DALAM MEMBIMBING REMAJA

Rahman, Musdalifah M (2015) UPAYA ORANG TUA DALAM MEMBIMBING REMAJA. Konseling Religi, 6 (1). ISSN E-ISSN 2477-2100

Full text not available from this repository.
Official URL: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/konselin...

Abstract

Hilangnya peran orang tua menjadi penyebab timbulnya serius kenakalan remaja. Kurangnya pemahaman orang tua tentang kebutuhan yang harus dipenuhi oleh remaja menyebabkan kekecewaan atau frustrasi. Makalah ini akan memberikan penjelasan tentang remaja harus dipenuhi oleh orang tua sehingga dapat membimbing pemuda menjadi seorang pria yang bermanfaat. Ada beberapa hal yang berkaitan dengan kontrol orang tua, yaitu: Dalam menentukan standar dari tingkah laku yang dituju, bagaimana ketepatan dan kejelasan peraturan yang dibuat (firmness). Jika norma – norma atau peraturan yang diberikan ingin efektif, maka peraturan tersebut haruslah dimengerti, jelas dan konsisten dalam pelaksanaannya, standar yang ditentukan harus disesuaikan dengan tingkatan usia dengan kondisi seperti ini anak akan terdorong maju untuk menguasai sesuatu tujuan. Peraturan yang diiringi penjelasan akan mampu membentuk kontrol yang bersifat intrinsik, penjelasan peraturan pada anak tidak saja hanya berbicara pada anak tapi juga mendengarkan reaksi dari anak, memperkuat proses belajar, pengarahan dan percayaan, hadiah dan hukuman. Dengan demikian kontrol menjadi hal penting dari orang tua pada remaja dalam mengatasi permasalahan remaja yang berkaitan dengan kebutuhan remaja untuk diberi kebebasan. Namun tidak hanya remaja yang memiliki permasalahan, orang tua juga memiliki permasalahan dengan remaja.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Upaya Orang Tua; Bimbingan; Belajar Anak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: UPPI STAIN Kudus
Date Deposited: 13 Jun 2017 07:50
Last Modified: 13 Jun 2017 07:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1423

Actions (login required)

View Item View Item