Implementasi “Bijak Mengelola Sampah” sebagai Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil’alamin dalam Pembelajaran IPA di MTs Negeri 1 Kudus

Badiyah, Amelia Putri (2024) Implementasi “Bijak Mengelola Sampah” sebagai Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil’alamin dalam Pembelajaran IPA di MTs Negeri 1 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (248kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (177kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (473kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (649kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (216kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (741kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (162kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (180kB)

Abstract

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil’alamin (P5RA) di MTs Negeri 1 Kudus merupakan bagian dari implementasi kurikulum merdeka yang bertujuan untuk memperkuat pencapaian nilai-nilai Pancasila pada peserta didik. Salah satu tema P5RA yang sudah dilaksanakan adalah gaya hidup berkelanjutan dengan proyek Bijak Mengelola Sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi langkah-langkah dan upaya guru IPA dalam mendukung P5RA melalui pembelajaran IPA, serta relevansinya dengan materi IPA. Menggunakan pendekatan kualitatif dalam studi kasus, diperoleh data primer melalui wawancara dengan kepala sekolah, Waka kurikulum, guru IPA, dan siswa, sedangkan data sekunder berasal dari dokumen, foto, dan literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Langkah guru IPA dalam mendukung P5RA melalui pembelajaran IPA terdiri dari tiga tahap: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap persiapan melibatkan guru mengikuti pelatihan dan menyusun perangkat ajar sesuai dengan ketentuan kurikulum merdeka. Tahap pelaksanaan mencakup kegiatan awal, inti, dan penutup yang sesuai dengan modul ajar yang telah disiapkan. Tahap evaluasi melibatkan penilaian terhadap perangkat ajar yang telah digunakan dengan melakukan perbaikan jika diperlukan. 2) P5RA berhubungan erat dengan mata pelajaran, terutama dalam konteks relevansi P5RA "Bijak Mengelola Sampah" dengan pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan. Kegiatannya meliputi pengenalan hingga evaluasi, yang melibatkan siswa dalam kegiatan aksi seperti pembuatan kompos, poster, dan pameran hasil karya. Aktivitas ini tidak hanya mengembangkan keterampilan praktis siswa dalam mengelola sampah, tetapi juga meningkatkan pemahaman mereka tentang nilai-nilai Pancasila, terutama dalam konteks kepedulian terhadap lingkungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBudhi, Henry SetyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran IPA
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 May 2025 07:28
Last Modified: 27 May 2025 07:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14278

Actions (login required)

View Item View Item