Badiyah, Amelia Putri (2024) Implementasi “Bijak Mengelola Sampah” sebagai Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil’alamin dalam Pembelajaran IPA di MTs Negeri 1 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. Abstrak.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
4. Bab I.pdf Download (473kB) |
![]() |
Text
5. Bab II.pdf Download (649kB) |
![]() |
Text
6. Bab III.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
7. Bab IV.pdf Download (741kB) |
![]() |
Text
8. Bab V.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (180kB) |
Abstract
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil’alamin (P5RA) di MTs Negeri 1 Kudus merupakan bagian dari implementasi kurikulum merdeka yang bertujuan untuk memperkuat pencapaian nilai-nilai Pancasila pada peserta didik. Salah satu tema P5RA yang sudah dilaksanakan adalah gaya hidup berkelanjutan dengan proyek Bijak Mengelola Sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi langkah-langkah dan upaya guru IPA dalam mendukung P5RA melalui pembelajaran IPA, serta relevansinya dengan materi IPA. Menggunakan pendekatan kualitatif dalam studi kasus, diperoleh data primer melalui wawancara dengan kepala sekolah, Waka kurikulum, guru IPA, dan siswa, sedangkan data sekunder berasal dari dokumen, foto, dan literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Langkah guru IPA dalam mendukung P5RA melalui pembelajaran IPA terdiri dari tiga tahap: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap persiapan melibatkan guru mengikuti pelatihan dan menyusun perangkat ajar sesuai dengan ketentuan kurikulum merdeka. Tahap pelaksanaan mencakup kegiatan awal, inti, dan penutup yang sesuai dengan modul ajar yang telah disiapkan. Tahap evaluasi melibatkan penilaian terhadap perangkat ajar yang telah digunakan dengan melakukan perbaikan jika diperlukan. 2) P5RA berhubungan erat dengan mata pelajaran, terutama dalam konteks relevansi P5RA "Bijak Mengelola Sampah" dengan pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan. Kegiatannya meliputi pengenalan hingga evaluasi, yang melibatkan siswa dalam kegiatan aksi seperti pembuatan kompos, poster, dan pameran hasil karya. Aktivitas ini tidak hanya mengembangkan keterampilan praktis siswa dalam mengelola sampah, tetapi juga meningkatkan pemahaman mereka tentang nilai-nilai Pancasila, terutama dalam konteks kepedulian terhadap lingkungan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran IPA | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 27 May 2025 07:28 | ||||||
Last Modified: | 27 May 2025 07:28 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14278 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |