Anida, Arfaul Nazar (2024) Strategi Dakwah Yayasan Masjid Agung Kudus dalam Membina Tata Cara Membaca Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf Download (981kB) |
![]() |
Text
2. Abstrak.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (502kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (591kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (492kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (355kB) |
Abstract
Tujuan penelitian yang ingin dicapai oleh penulis adalah untuk mengetahui bagaimana strategi dakwah yang dilakukan oleh Yayasan Masjid Agung Kudus dalam membina tata cara membaca Al-Qur‟an pada anak usia dini dan mengetahui faktor-faktor penghambat serta pendukung dari strategi dakwah yang dilaksanakan oleh Yayasan Masjid Agung Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode penelitian lapangan (fieldreseach) yang mana peneliti langsung turun ke lapangan. Adapun pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian berada di Masjid Agung Kudus tepatnya di Taman Pendidikan Al-Qur‟an Masjid Agung Kudus. Teknik yang digunakan peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data dengan penyajian datareduction (reduksi data), data display (menyajikan data), dan verifikasi (merumuskan simpulan). Hasil penelitian menujukkan bahwa strategi dakwah yang dilaksanakan oleh Yayasan Masjid Agung Kudus dalam membina tata cara membaca Al Qur‟an pada anak usia dini, 1) Strategi dakwah sentimentil (al-manhaj al-‟athifi) menggunakan pendekatan hati dan pelayanan yang baik, meliputi; memberi pemahaman kepada para jamaah terkait pentingnya membaca Al Qur‟an khususnya untuk anak-anak melalui ceramah dan pengajian di masjid, serta menyediakan pelayanan dan tempat yang baik untuk melaksanakan program pendidikan Al-Qur‟an. Strategi dakwah rasional (al-manhaj al-‟aqli) menggunkan pendekatan akal dengan berpikir dan mengambil hikmah, meliputi; mengadakan program tahunan yakni ziarah wali dan rekreasi. Strategi dakwah indrawi (al-manhaj al-hissi) dengan pendekatan pancaindra atau keteladanan, meliputi; praktik keagamaan ubudiyah dan pengamalan isi Al-Qur‟an melalui pembiasaan yang dicontohkan pengajarnya. 2) Faktor pendukung strategi dakwah ini, meliputi; tenaga pengajar yang berkualitas, adanya hubungan baik antara orang tua dengan pengajar, dan adanya dukungan dari orang tua terhadap proses belajar anak. Sedangkan faktor penghambatnya, meliputi; keterbatasan SDM dalam bidang IT, kurangnya kedisiplinan anak didik, dan adanya kesibukan orang tua serta padatnya jadwal belajar di sekolah masing-masing anak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Dakwah, Yayasan Masjid Agung Kudus, Sentimentil, Rasional, Indrawi | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Manajemen Dakwah | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 28 May 2025 02:28 | ||||||
Last Modified: | 28 May 2025 02:28 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14285 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |