Ginting, Gagak Afif (2024) Analisis Lembar Kerja Siswa (LKS) Biologi Kelas XI MA Matholi’ul Huda Troso Berbasis Literasi Sains. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (295kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (492kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (506kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (613kB) |
![]() |
Text
7. BAB 4.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (589kB) |
Abstract
Buku Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan salah satu bahan ajar yang mempermudah guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, termasuk pembelajaran Biologi. LKS yang berbasis literasi sains berisi materi, ringkasan, dan petunjuk pelaksanaan tugas untuk siswa yang berhubungan dengan lingkungan sehari-hari siswa, sehingga mereka dapat belajar sekaligus memahami lingkungan hidup, memiliki sikap dan kepekaan yang tinggi terhadap lingkungan sekitar. Oleh karena itu penelitian dilakukan untuk menganalisis LKS berbasis literasi sains agar diketahui capaian kategori literasi sains pada LKS. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan ruang lingkup buku LKS pada bab 1 sampai bab 5 kelas XI berdasarkan literasi sains. Teknik pengumpulan data melalui lembar angket dengan responden yang berjumlah 3 orang, yaitu Gagak, Indah, dan Ladhidatul. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Bab 1 materi sel, nilai persentase paling banyak adalah sains sebagai batang tubuh pengetahuan dan sains sebagai cara untuk berpikir yaitu 30,43% dan nilai persentase paling sedikit adalah interaksi sains, teknologi, dan masyarakat yaitu 9,24%. 2) Bab 2 materi jaringan pada tumbuhan dan hewan, nilai persentase paling banyak adalah sains sebagai batang tubuh pengetahuan dan sains sebagai cara untuk menyelidiki, yaitu 30,8% dan nilai persentase paling sedikit adalah interaksi sains, teknologi, dan masyarakat, yaitu 10,4%. 3) Bab 3 materi sistem gerak pada manusia, nilai persentase paling banyak adalah sains sebagai batang tubuh pengetahuan, yaitu 33% dan nilai persentase paling sedikit adalah kategori interaksi sains, teknologi, dan masyarakat, yaitu 15%. 4) Bab 4 materi sistem sirkulasi pada manusia, nilai persentase paling banyak adalah sains sebagai batang tubuh pengetahuan dan sains sebagai cara untuk menyelidiki, yaitu 39,2% dan nilai persentase paling sedikit adalah interaksi sains, teknologi, dan masyarakat, yaitu 16,1%. 5) Bab 5 materi sistem pencernaan makanan, nilai persentase paling banyak adalah sains sebagai batang tubuh pengetahuan, yaitu 31,6% dan nilai persentase paling sedikit adalah kategori interaksi sains, teknologi, dan masyarakat, yaitu 12,5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | LKS, Literasi Sains, Biologi | ||||||
Subjects: | Sains, Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 02 Jun 2025 04:03 | ||||||
Last Modified: | 02 Jun 2025 04:03 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14320 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |