Amalia, Vina (2024) Implementasi Media Audio-visual pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Materi Aksara Jawa Kelas V di MI NU Istiqlal Ploso Jati Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf Download (891kB) |
![]() |
Text
2. Abstrak.pdf Download (913kB) |
![]() |
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (935kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (954kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (971kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (982kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (990kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (993kB) |
![]() |
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (996kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan implementasi media audio-visual pada mata pelajaran bahasa jawa materi aksara jawakelas V di MI NU Istiqlal Ploso Jati Kudus. (2) Mendeskripsikan keberhasilan penggunaan media pembelajaran audio-visual pada mata pelajaran bahasa jawa materi aksara jawa kelas V di MI NU Istiqlal Ploso Jati Kudus. (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat media pembelajaran audio-visual pada mata pelajaran bahasa jawa materi aksara jawakelas V di MI NU Istiqlal Ploso Jati Kudus.” “Penelitian ini bersifat penelitian kualitatif. Penelitian yang dilakukan yaitu penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang dilakukan peneliti yaitu pedekatan etnografi dimana peneliti berpartisipasi selama proses penelitian berlangsung, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi materi aksara jawa menggunakan media audio-visual. Wawancara kepada kepala madrasah, wali kelas, serta siswa mengenai kebijakan penggunaan media audio-visual dalam pembelajaran bahasa jawa materi aksara jawa. Dokumentasi kegiatan penelitian di MI NU Istiqlal Ploso Kudus. Sumber data diperoleh dari kepala madrasah, guru dan siswa yang kemudian di reduksi data mengenai proses pembelajaran materi aksara jawa menggunakan media audio-visual.” “Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Implementasi media audio-visual membantu siswa mengingat kosakata aksara Jawa, (2) Penggunaan media ini secara efektif meningkatkan hasil belajar, dan (3) Faktor pendukung mencakup kejelasan penyampaian pesan, sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan alat media yang statis dan perlunya partisipasi aktif guru
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Audio-visual, Pembelajaran Bahasa Jawa Materi Aksara Jawa, Keterampilan Membaca dan Menulis | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 05 Jun 2025 07:35 | ||||||
Last Modified: | 05 Jun 2025 07:35 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14356 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |