Pemberdayaan Santri melalui Penerapan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Gusjigang di Pondok Pesantren Prisma Quranuna Kudus

Ahsani, Dyah Irma (2024) Pemberdayaan Santri melalui Penerapan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Gusjigang di Pondok Pesantren Prisma Quranuna Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (311kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (300kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (357kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (553kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (349kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (900kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (319kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan nilai-nilai kearifan lokal Gusjigang sebagai upaya pemberdayaan santri yang meliputi 1) proses dan hasil pemberdayaan santri melalui penerapan nilai-nilai kearifan lokal Gusjigang di Pondok Pesantren Prisma Quranuna Kudus, 2) faktor pendorong dan penghambat dalam proses pemberdayaan santri melalui penerapan nilai-nilai kearifan lokal Gusjigang di Pondok Pesantren Prisma Quranuna Kudus. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi langsung di Pondok Pesantren Prisma Quranuna Kudus. Analisis data yang dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data diuji menggunakan metode triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Proses dan hasil pemberdayaan santri melalui penerapan nilai-nilai kearifan lokal Gusjigang di Pondok Pesantren Prisma Quranuna Kudus berjalan dengan baik, sebagaimana penerapan nilai “Gus” (bagus laku) meningkatkan aspek spiritual dan moralitas, penerapan nilai “Ji” (Ngaji) meningkatkan aspek intelektualitas, leadership (kepemimpinan) dan penerapan nilai “Gang” (pandai dagang) mampu meningkatkan kemandirian dan semangat entrepreneurship pada santri melalui program dan kegiatan yang di berikan di pondok pesantren, 2) Faktor pendorong dan penghambat dalam proses pemberdayaan santri yakni; faktor pendorong, sarana dan prasarana yang cukup memadai, ilmu dan motivasi yang di berikan Pengasuh Pondok Pesantren, faktor penghambat, kurangnya kesungguhan dan kesadaran santri dalam kegiatan dan program pemberdayaan pondok pesantren, santri yang kurang memanfaatkan fasilitas pondok pesantren, dan santri yang terkadang lelah dalam melaksanakan program di pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAddiansyah, M. Nur RofiqUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Gusjigang, Entrepreneur, Pemberdayaan Santri
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam > Pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Jun 2025 04:35
Last Modified: 11 Jun 2025 04:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14379

Actions (login required)

View Item View Item