Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Siswi Di SMK Miftahul Falah Tahun Ajaran 2021/2022

Arifah, Nurul (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Siswi Di SMK Miftahul Falah Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (724kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text
3. DAFTAR SI.pdf

Download (287kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (552kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (324kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (274kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB)

Abstract

Penelitian ni bertujuan untuk mengetahui program/kegiatan guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswi di SMK NU Miftahul Falah Desa Cendono Dawe Kudus Tahun Ajaran 2021/2022, untuk mengetahui mplementasi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswi di SMK NU Miftahul Falah Desa Cendono Dawe Kudus Tahun Ajaran 2021/2022, untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswi di SMK NU Miftahul Falah Desa Cendono Dawe Kudus Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ni menggunakan jenis field research, dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dukumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ni adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi serta teknik analisis data berupa tahap reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. nforman terdiri dari guru pendidikan agama Islam, Kepala Sekolah SMK NU Miftahul Falah dan 6 orang peserta didik/siswi. Penelitian ni dilakukan sejak tanggal 5 September 2021 sampai 10 September 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswi di SMK NU Miftahul Falah dapat dilihat dari empat peran : pertama, peran guru sebagai pendidik yakni dengan memberi pengetahuan atau pemahaman tentang akhlak yang baik, kedua, peran guru sebagai penasehat yakni dengan memvberikan nasehat agar siswi tidak melakukan perbuatan buruk dilingkungan sekolah maupun kehidupan bersosial masyarakat, ketiga peran guru sebagai model/teladan yakni dengan memberikan contoh bagaimana cara bergaul dengan sesame siswi , keempat, peran guru sebagai pembimbing yaitu guru merumuskan tujuan secara jelas, menetapkan waktu perjalanan, menetapkan jalan yang harus ditempuh, menggunakan petunjuk perjalanan, serta menilai kelancaran sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhafidin, ZaenalUNSPECIFIED
Thesis advisorMusawamah, MualamatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru, Pendidikan, Agama Islam, Pembinaan, Siswi, Akhlak, baik, sopan dan santun
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Filsafat dan Teori Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Jun 2025 07:23
Last Modified: 11 Jun 2025 07:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14383

Actions (login required)

View Item View Item