ANALISIS TENTANG SIKAP MURID DALAM PEMBELAJARAN FIQIH PRAKTEK PERAWATAN JENAZAH (STUDI KASUS DI MADRASAH DINIYYAH NASHRUL UMMAH LORAM WETAN JATI KUDUS)

Khabib, Noor (2015) ANALISIS TENTANG SIKAP MURID DALAM PEMBELAJARAN FIQIH PRAKTEK PERAWATAN JENAZAH (STUDI KASUS DI MADRASAH DINIYYAH NASHRUL UMMAH LORAM WETAN JATI KUDUS). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
NOOR KHABIB NIM. 111670_opt.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui proses pembelajaran Fiqih materi praktek perawatan jenazah di Madrasah Diniyyah Nashrul Ummah Loram Wetan Jati Kudus (2) Untuk menganalisis sikap murid dalam pembelajaran Fiqih materi praktek perawatan jenazah di Madrasah Diniyyah Nashrul Ummah Loram Wetan Jati Kudus (3) Untuk menganalisis faktor penghambat dan pendukung pembelajaran praktek perawatan jenazah mata pelajaran Fiqih dalam meningkatkan sikap siswa di Madrasah Diniyyah Nashrul Ummah Loram Wetan Jati Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi yang diperoleh dari informan (kepala madrasah, guru, dan murid) terkait dengan permasalahan penelitian. Adapun lokasi penelitian di Madrasah Diniyyah Nashrul Ummah Loram Wetan Jati Kudus. Adapun temuan penelitian ini adalah: (1) Proses pembelajaran Fiqih materi praktek perawatan jenazah di Madrasah Diniyyah Nashrul Ummah Loram Wetan Jati Kudus yaitu guru melaksanakan tiga tahapan, meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (2) Penilaian sikap pembelajaran Fiqih materi praktek perawatan jenazah di Madrasah Diniyyah Nashrul Ummah Loram Wetan Jati Kudus adalah yang pertama secara prosentase bahwa siswa memiliki pemahaman pada materi pelajaran sebesar 3% (dari 107x100%:36=3%) berarti sedang, memiliki sikap pada guru sebesar 4,1% (dari 149x100%:36=4,1%) berarti baik, mengikuti pembelajaran sebesar 3,1% (dari 110x100%:36=3,1%) berarti sedang dan nilai norma pada materi pelajaran sebesar 3,1% (dari 120 x100%:36=3,1%) berarti sedang. Namun mengalami peningkatan sikap yang baik dalam belajar, hal ini terlihat secara prosentase bahwa siswa memiliki pemahaman pada materi pelajaran sebesar 43,8% (dari 138x100%:36= 3,8%), memiliki sikap pada guru sebesar 4,1% (dari 149x100%:36=4,1%), mengikuti pembelajaran sebesar 3,25% (dari 117x100%:36=3,25%) dan nilai norma pada materi pelajaran sebesar 4,1% (dari 149x100%:36=4,1%). (3) Faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan praktek perawatan jenazah pada mata pelajaran Fiqih dalam meningkatkan sikap siswa di Madrasah Diniyyah Nashrul Ummah Loram Wetan Jati Kudus adalah penggunaan metode yang sesuai dengan situasi dan kondisi siswa dalam belajar, yaitu metode demonstrasi atau praktek bagi diri siswa sehingga siswa dan guru terdapat bangunan musholla untuk melaksanakan praktek materi ibadah, memiliki guru yang berkompeten dalam bidangnya. Sementara faktor penghambatnya adalah adanya rasa takut siswa dalam melakukan perawatan jenazah, minimnya media dalam pembelajaran sehingga kesiapan siswa untuk pelaksanaan praktek perawatan jenazah pada mata pelajaran Fiqih kurang optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sikap Murid; Pembelajaran Fiqih; Praktek Perawatan Jenazah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Jun 2017 02:17
Last Modified: 17 Jun 2017 02:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1454

Actions (login required)

View Item View Item