PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA MTS. NAHDLATUL FATA PETEKEYAN TAHUNAN JEPARA TAHUN AJARAN 2014/2015

Kalim, Abd. (2015) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA MTS. NAHDLATUL FATA PETEKEYAN TAHUNAN JEPARA TAHUN AJARAN 2014/2015. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
TESIS PDF ABD. KALIM BETUL_opt.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik dengan menggunakan metode inquiry dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak Siswa MTs. Nahdlatul Fata Petekeyan Tahunan Jepara. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang menitikberatkan pengumpulan data pada data yang dikuantifikasi, misalnya dengan menghitung frekuensi, perbandingan, atau intensitas faktor tertentu yang terdapat dalam dokumen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan rumus regresi linier ganda. Hasil penelitian ini, terdapat pengaruh pendekatan saintific dengan menggunakan metode inquiry dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akidah akhlak siswa MTs Nahdlatul Fatah Petekehan Tahunan Jepara. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui pengolahan data dengan rumus regresi ganda dengan hasil F hitung >F tabel (F hitung =4,31 > F tabel sebesar 3,15) berarti Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat pengaruh pendekatan saintific dengan menggunakan metode inquiry dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akidah akhlak siswa MTs Nahdhatul Fatah Petekehan Tahunan Jepara. Hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa metode inquiry dan motivasi belajar dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Semakin sering menggunakan metode inquiry dan semakin baik motivasi belajar akan semakin baik prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Inquiry; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Jun 2017 02:47
Last Modified: 18 Jun 2017 02:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1457

Actions (login required)

View Item View Item