UPAYA GURU DALAM MENANGANI PERILAKU MENYONTEK SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK (STUDI KASUS DI MTS NEGERI 1 KUDUS TAHUN AJARAN 2014/2015)

Ristiani, Evie (2015) UPAYA GURU DALAM MENANGANI PERILAKU MENYONTEK SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK (STUDI KASUS DI MTS NEGERI 1 KUDUS TAHUN AJARAN 2014/2015). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
SKRIPSI EVIE RISTIANI_111085_opt.pdf

Download (7MB)

Abstract

Perilaku menyontek merupakan suatu tindakan yang tidak baik karena siswa sama saja berlatih korupsi sejak kecil. Kebudayaan itu yang membuat guru harus bisa mengatasinya dalam tujuan menangani perilaku menyontek dengan cara memperbaiki kualitas guru, kompetensi guru dan pembentukan sikap terhadap siswanya terlebih pada guru Aqidah Akhlak. Upaya guru dalam menangani perilaku menyontek di MTs Negeri 1 Kudus sudah sangat baik, dikarenakan perilaku menyontek yang ditemukan hanya sedikit karena guru sudah bisa menangani siswa ketika perilaku menyontek itu terjadi. Faktor yang terjadi selama ini yaitu faktor oleh diri sendiri, lingkungan, dan orang tua dari ketiga faktor itulah siswa melakukan tindakan menyontek dengan tujuan yang sama ingin mendapatkan nilai yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk pentingnya kesadaran bahwa menyontek bukan sekedar penyimpangan dalam dunia pendidikan yang dapat diatasi dengan hukuman biasa namun harus dengan penuh perhatian oleh pihak guru. Hasil penelitian ini diharapkan untuk mengetahui bagaimana penyebab terjadinya menyontek dan upaya guru dalam menangani menyontek pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dengan fokus penelitian di MTs Negeri 1 Kudus. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data digunakan dengan pengamatan, wawancaradan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu cara analisis yang cenderung menggunakan kata-kata untuk menjelaskan fenomena yang diamati atau data yang didapatkan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data dengan duateknik, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Penyebab terjadinya perilaku menyontek siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri 1 Kudus adalah faktor yang dialami yaitu diri sendiri, lingkungan, dan orang tua. dan tujuannya siswa melakukan itu adalah adanya tekanan untuk mendapatkan nilai yang tinggi dan keinginan untuk menghindari kegagalan. (2) Upaya guru dalam menangani perilaku menyontek adalah ketika ulangan berlangsung siswa ketahuan menyontek maka akan diambil ulangannya, akan diberikan hukuman, dan siswa juga tidak diperbolehkan ikut ulangan lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Disiplin Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Jun 2017 03:03
Last Modified: 18 Jun 2017 03:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1458

Actions (login required)

View Item View Item