Implementasi Program Boarding School Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Religius di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus

Mushoffa, Hilmi (2024) Implementasi Program Boarding School Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Religius di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (791kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (557kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (586kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (620kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (829kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (544kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (574kB)

Abstract

Pada era globalisasi perkembangan dunia pendidikan berjalan begitu pesat. Globalisasi ikut andil dalam mempengaruhi miskinnya sifat moral dan melemahnya karakter bangsa. Disini perlunya inovasi pendidikan yang mempunyai peran dan tanggung jawab besar untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pada penelitian ini peneliti ingin meneliti bagaimana implementasi program boarding school di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus. Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui implementasi program boarding school di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus dalam membentuk karakter religius siswa, dan juga mengetahui faktor pendukung dan penghambat adanya program boarding school di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, menggunakan tiga teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter melalui program boarding school di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus sudah berjalan dengan baik dan dapat membentuk karakter siswa berjiwa Qur’ani. Pada pelaksanaannya meliputi pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dan proses internalisasi nilai-nilai karakter. Adapun faktor pendukung dari program ini meliputi: adanya pengasuh boarding school yang kompeten dibidangnya, adanya peserta didik yang mudah diarahkan karena semuanya berjenis kelamin perempuan, adanya lingkungan yang religius, dan banyaknya muatan pendidikan karakter religius. Sedangkan faktor pengahambatnya yaitu: karakter peserta didik yang berbeda sehingga pengasuh harus benar-benar memahami setiap personalnya, perkembangan tekhnologi khususnya handphone yang begitu pesat, pergaulan peserta didik saat sekolah pagi atau saat anak-anak pulang ke rumah yang diluar pantauan dari boarding school sendiri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMujab, SaifulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Nilai-Nilai Karakter, Program Boarding School
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Filsafat dan Teori Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Jul 2025 01:08
Last Modified: 14 Jul 2025 01:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14597

Actions (login required)

View Item View Item