MODEL MANAJEMEN MTS NU BANAT KUDUS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM

Nailissa’adah, Nailissa’adah (2015) MODEL MANAJEMEN MTS NU BANAT KUDUS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
Tesis Nailis Gabungan Lengkap_opt.pdf

Download (8MB)

Abstract

Sebuah lembaga pendidikan Islam tidak akan dapat berkembang secara baik apabila tidak dikelola dengan manajemen yang tepat. MTs NU Banat Kudus sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam yang memiliki berbagai prestasi baik di tingkat lokal, regional maupun nasional pasti memiliki model manajemen tersendiri. Penelitian ini hendak menjawab tiga permasalahan, yaitu: (1) Bagaimana tata kelola MTs NU Banat Kudus?; (2) Bagaimana strategi peningkatan mutu pendidikan Islam di MTs NU Banat Kudus?; dan (3) Bagaimana model manajemen MTs NU Banat Kudus dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis model Miles and Huberman dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, display data serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tata kelola MTs NU Banat Kudus dapat ditinjau dari beberapa aspek, yaitu manajemen SDM, kesiswaan, kurikulum, sarana prasarana, keuangan, ketatausahaan, dan humas. Semua unsur tersebut mengutamakan kualitas baik dari segi input, proses maupun output. 2) Guna mencapai pada kualitas, MTs NU Banat Kudus memiliki beberapa strategi yakni dengan mengembangkan profesionalisme guru dan karyawan, meningkatkan mutu peserta didik dengan adanya jam tambahan, membuka kelas asrama, melengkapi fasilitas pembelajaran, mengefektifkan koordinasi, menjalin kerjasama dengan berbagai instansi, memberikan penguatan religiusitas, menjaga kondusifitas lingkungan, dan mengadakan pembekalan pascabelajar. 3) Berdasarkan pada tata kelola dan strategi yang dilakukan tersebut maka dapat diketahui bahwa model manajemen yang diterapkan di MTs NU Banat Kudus adalah model Total Quality Management (TQM) dengan mengutamakan kepuasan pelanggan, senantiasa melakukan perbaikan yang berkesinambungan, berobsesi pada kualitas, kerjasama tim, mengoptimalkan peran kepemimpinan serta senantiasa memberdayakan karyawan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Manajemen; MTs NU Banat Kudus; Mutu Pendidikan Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Administrasi Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Disiplin Sekolah
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Jun 2017 03:56
Last Modified: 18 Jun 2017 03:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1462

Actions (login required)

View Item View Item