Zulfa, Kamalia (2024) Implementasi Permainan Plastisin dalam Mengembangkan Logis Matematis Anak Usia Dini di RA Ma’rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (551kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (846kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (866kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (625kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (477kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (591kB) |
Abstract
Pada anak usia dini, peran orang tua serta guru dan juga masyarakat sangatlah berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Berilah stimulus yang baik dan positif di usia dini, karena akan sangat menentukan di masa selanjutnya. Peneliti menemukan permasalahan yaitu pada proses pembelajaran anak-anak cenderung hanya menggunakan pembelajaran yang biasa dalam kegiatan di kelas, sedangkan dalam pembelajaran anak usia dini itu menyenangkan, tidak terikat dengan beban pembelajaran, peneliti mencoba menguji dengan pembelajaran yang berbeda dalam meningkatakan kemampuan logis anak yaitu dengan menggunakan plastisin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan deskriptif kualitatif, yaitu dilakukan di lingkungan tertentu dan jenis penelitian studi kasus di Kelas B RA Ma’rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus yang berjumlah 21 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan permainan plastisin efektif dalam mengembangkan kecerdasan logis matematis untuk kelas B di RA Ma’rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus. Ternyata dengan mengunakan metode permainan plastisin, hasilnya lebih signifikan, kemungkinan dikarenakan membentuk plastisin lebih membutuhkan ide-ide dan kreativitas anak. Adapun implementasi dari permainan plastisin yaitu: pertama anak mampu mengelompokkan berdasarkan warna, bentuk, ukuran, kedua mampu membandingkan ukuran kecil dan besar, ketiga mampu memahami bentuk geometri, dan yang keempat anak paham bilangan 1-10
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Alat Permainan Edukatif, Membentuk Plastisin, Kemampuan Logis Matematis, Anak Usia Dini | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Pra Sekolah, PAUD |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 07:03 | ||||||
Last Modified: | 16 Jul 2025 07:03 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14635 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |