Pembinaan Karakter Religius Peserta Didik melalui Kegiatan Keagamaan di MTs NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus

Rokhmawati, Zulia (2024) Pembinaan Karakter Religius Peserta Didik melalui Kegiatan Keagamaan di MTs NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (741kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (470kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (592kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (742kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (890kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (595kB)

Abstract

Perkembangan dunia sekarang ini telah membawa bangsa-bangsa di dunia ini dalam kehidupan era globalisasi. Dimana pada zaman sekarang peserta didik bukan hanya di tuntut dalam pintar di ilmu pengetahuan saja namun siswa juga dituntut agar mempunyai karakter yang baik salah satu karakternya yaitu karakter religius. Namun kenyataannya rendahnya tingkat religius peserta didik pada zaman sekarang menjadi problem di lembaga-lembaga pendidikan. Pada penelitian ini peneliti ingin meneliti bagaimana pembinaan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan di MTs NU Nurul Huda Kaliwungu, Kudus. Dalam penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan kegiatan keagamaan, pembinaan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan, dan karakter religius peserta didik di MTs NU Nurul Huda Kaliwungu, Kudus. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, memakai tiga teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembinaan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan di MTs NU Nurul Huda Kaliwungu, Kudus. Adapun kegiatan keagamaannya: membaca Asmaul Husna, tadarus Al-Qur’an pagi hari, shalat dhuha, shalat dhuhur berjamaah, musyafahah, khatmil Qur’an, Qira’ah, dan kegiatan PHBI. Adapun pembinannya, guru menggunakan metode musyafahah, reward, keteladanan, dan pembiasaan dalam melakukan kegiatan keagamaan. Adapun dampak dari pembinaan karakter religius melalui kegiatan keagamaan ini pada peserta didik MTs NU Nurul Huda Kaliwungu, Kudus, meliputi: taat taat kepada Allah SWT, mempunyai karakter disiplin, memiliki jiwa sopan santun, menghormati orang lain, dan mempunyai mental serta potensi. Karakter ini terlihat selama pembelajaran maupun di luar pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFalah, Riza ZahriyalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembinaan karakter, Karakter religius, Kegiatan keagamaan
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Filsafat dan Teori Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Jul 2025 08:40
Last Modified: 30 Jul 2025 08:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14682

Actions (login required)

View Item View Item