Manawi, Ahmad Lutfi (2024) Studi Analisis Upaya Guru Fikih Dalam Meningkatkan Pengamalan Ibadah Salat Di Mts Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (826kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (811kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (851kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (813kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (970kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (802kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (357kB) |
Abstract
Penelitian ini menjelaskan upaya guru tidaklah ringan dan tidak hanya diukur dari pemahaman siswa terhadap agama, namun juga kemampuannya dalam memahami, menerapkan, dan mengamalkan nilai-nilai tersebut. Namun kenyataannya, para siswa masih menganggap bahwa menerima pendidikan agama Islam hanya sekedar formalitas, dalam ibadah salat ilmu fikih harus dianggap cukup agar dapat memberikan dampak bagi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru fikih di MTs Mazro’atul Huda dalam meningkatkan pengamalan ibadah salat. Kemudian penelitian ini mendiskusikan mengenai bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan hasil upaya guru fikih dalam meningkatkan pengamalan ibadah salat. Di MTs Mazro’atul Huda karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode kualitatif telah digunakan dalam penelitian ini dan menggunakan studi analisis SWOT mengenai kekuatan yang ada dalam lembaga pendidikan Islam. Peneliti menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi untuk menjawab tiga tujuan penelitian. Wawancara telah dilakukan kepada kepala sekolah, waka kurikulum, guru fikih dan siswa. Observasi dilakukan selama pelaksanaan pembelajaran dan pelaksanaan ibadah salat di madrasah yang sudah menjadi target penelitian. Dokumentasi berupa foto yang mendukung pengumpulan dan penyimpanan informasi atau sebagai bukti keterangan. Penelitian ini menemukan, yaitu: 1) pada tahap perencanan guru fikih menjelaskan tujuan, model, dan program kegiatan salat dhuha dan dhuhur berjamaah dan buku kegiatan ibadah salat. 2) pada tahap pelaksanaan ada pelaksanaan salat dhuha dan dhuhur, kerjasama dengan guru, kerjasama dengan orang tua, menasehati, memberikan hukuman dan memberikan hadiah sebagai motivasi. 3) pada tahap hasil upaya guru fikih pada peserta didik disini, guru sudah maksimal tetapi siswa pada MTs belum mengetahui kebutuhan ibadah salat dan guru hanya membimbing dan mengarahkan, Pada tahap sikap siswa disini masih banyak yang memiliki rasa malas. dan untuk keterampilan siswa juga dituntut melakukan praktik ibadah salat dengan benar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Upaya, Guru Fikih, pengamalan Ibadah Salat | ||||||
Subjects: | Fiqih, Hukum Islam > Ibadah > Shalat > Shalat Wajib Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2025 00:58 | ||||||
Last Modified: | 31 Jul 2025 00:58 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14686 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |