PEMIKIRAN IBN JAMA’AH TENTANG PEDOMAN ETIKA PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN TERHADAP KITAB TADZKIRAT AL-SAMI’ WA AL-MUTAKALLIM FI ADAB AL-‘ALIM WA AL-MUTA’ALLIM)

Widiyanti, Ema (2014) PEMIKIRAN IBN JAMA’AH TENTANG PEDOMAN ETIKA PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN TERHADAP KITAB TADZKIRAT AL-SAMI’ WA AL-MUTAKALLIM FI ADAB AL-‘ALIM WA AL-MUTA’ALLIM). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
SKRIPSI EMA WIDIYANTI_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di era globalisasi seperti saat ini, yang ditandai dengan pesatnya perkembangan informasi dan teknologi telah banyak memberikan perubahan bagi kehidupan manusia. Dengan perkembangan tersebut selain membawa kemajuan yang pesat juga memberikan dampak buruk yang tidak sedikit. Dalam dunia pendidikan misalnya, perkembangan tersebut justru berdampak pada kemerosotan etika atau akhlak peserta didik. Kenyataan tersebut merupakan tugas besar yang harus segera diselesaikan oleh pendidikan Islam mengingat salah satu tujuan pendidikan Islam sendiri adalah terbentuknya insan pendidikan yang beretika atau berakhlak mulia. Atas dasar inilah penulis tertarik untuk mengungkap kembali pemikiran tentang etika peserta didik dari salah satu tokoh klasik yakni Ibn Jama’ah dengan harapan dapat memberikan kontribusi yang positif bagi dunia pendidikan pada masa sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep etika peserta didik dalam proses pembelajaran dalam kitabnya “Tadzkirat al-Sami’ wa al-Mutakallim fi Adab al- ‘Alim wa al-Muta’allim” serta relevansinya dengan pendidikan Islam di Indonesia pada masa sekarang. Desain dan pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research). Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan analisis isi, analisis deskriptif serta metode historis. Setelah data-data terkumpul dan selanjutnya dianalisis oleh peneliti ditemukan sebuah konsep etika menurut Ibn Jama’ah yang terdiri dari tiga kelompok, yakni etika peserta didik terhadap diri sendiri, guru, dan pelajaran masih memiliki signifikansi dan relevansi yang tinggi jika dikembangkan dalam pendidikan Islam pada masa sekarang. Analisis penelitian ini masih jauh dari kasempurnaan. Oleh karenanya, hasil penelitian ini diharapkan mampu menggugah kesadaran umat Islam lainnya untuk mengkaji ulang agar hasil yang diperoleh bisa lebih baik dan lebih sempurna dari hasil penelitian yang penulis paparkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemikiran Ibn Jama’ah; Etika Peserta Didik; Kitab Tadzkirat al-Sami’
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jul 2017 03:37
Last Modified: 09 Jul 2017 03:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1476

Actions (login required)

View Item View Item