PENERAPAN STRATEGI STUDENT FASILIATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA NU NURUSSALAM, BESITO, GEBOG, KUDUS TAHUN AJARAN 2012/2013

Ardiansyah, Farid Rusyda (2013) PENERAPAN STRATEGI STUDENT FASILIATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA NU NURUSSALAM, BESITO, GEBOG, KUDUS TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
FARID_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran yang baik tentunya tidak hanya didominasi oleh guru tetapi juga melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran Namun keaktifan siswa kelas XI di MA NU Nurussalam masih belum nampak. Oleh karena itu diperlukan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa agar siswa dapat berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Strategi pembelajaran yang dipilih dalam penelitian ini adalah strategi Student Faciliator and Explaining. Tugas para siswa adalah mencari informasi sendiri mengenai materi yang akan dipelajari di kelas sesuai dengan kisi-kisi yang diberikan oleh guru secara kelompok. Dan setiap kelompok mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas. Sementara kelompok lain boleh menaggapi atau menambahkan idenya. Siswa diberi kesempatan yang seluas-luasnya untuk berpendapat, bertanya maupun menjawab pertanyaan peneliti. Siswa juga bisa menggunakan media apapun untuk memfasilitasi belajarnya. Penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif karena penelitian ini berusaha menerangkan dan memberikan gambaran tentang penerapan strategi Student Faciliator and Explaining dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa, yang mengambil lokasi penelitian di MA NU Nurussalam, Besito, Gebog, Kudus Tahun Ajaran 2012/2013 Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi Student Facilitator And Explaining dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan mengetahui apa saja hambatan-hambatan yang terjadi saat diterapkannya strategi Student Facilitator And Explaining serta mendiskripsikan keaktifan belajar siswa kelas XI setelah diterapkannya strategi Student Facilitator And Explaining di MA NU Nurussalam, Besito, Gebog, Kudus Tahun Ajaran 2012/2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi Student Facilitator And Explaining pada pembelajaran SKI di MA NU Nurussalam, Besito, Gebog, Kudus mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan maupun penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah berjalan dengan baik. 2) Proses penerapan strategi Student Fasilitator and Explaining pada pembelajaran SKI ini tidak luput dari adanya hambatan-hambatan, tetapi guru selalu berusaha untuk mengatasi dan meminimalisir hambatan tersebut. 3) Keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan dengan diterapkanya strategi Student Fasilitator and Explaining, hal ini dapat terlihat dari keterlibatan siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung, seperti berbicara menyampaikan materi/presentasi, berdiskusi, bertanya maupun menjawab pertanyaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Student Facilitator And Explaining; Keaktifan Belajar Siswa; Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jul 2017 03:40
Last Modified: 09 Jul 2017 03:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1477

Actions (login required)

View Item View Item