Sulkhi, Muhammad Ibnu (2024) Implementasi Kompetensi Kepribadian Guru Rumpun PAI Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa (Studi Kasus Di MTs Tamrinut Thullab Undaan Lor Kudus). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (878kB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (365kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (606kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (492kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (340kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kompetensi kepribadian Guru Rumpun PAI di MTs Tamrinut Thullab Undaan Lor Kudus (2) untuk mengetahui implementasi kompetensi kepribadian Guru Rumpun PAI dalam membentuk akhlakul karimah siswa di MTs Tamrinut Thullab Undaan Lor Kudus (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dialami Guru Rumpun PAI dalam membentuk akhlakul karimah siswa di MTs Tamrinut Thullab Undaan Lor Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian (field research) dengan menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan sumber data primer dan sekunder. Data tentang implementasi kompetensi kepribadian Guru Rumpun PAI dalam membentuk akhlakul karimah siswa di MTs Tamrinut Thullab Undaan Lor Kudus dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peguji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji keabsahan creadibillity atau uji kreadibilitas yaitu menggunakan tiga triangulasi : triangulasi sumber, teknik dan waktu kemudian dikuatkan dengan bahan referensi. Adapun analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini: (1) kompetensi kepribadian guru Rumpun PAI di MTs Tamrinut Thullab Undaan Lor kudus dapat diterapkan dengan baik sesuai acuan standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru menurut peraturan menteri pendidikan nasional Indonesia Nomor 16 Tahun 2007. (2) implementasi kompetensi kepribadian Guru Rumpun PAI dalam membentuk akhlakul karimah siswa diterapkan sebagai bentuk bimbingan dan peningkatan bagi akhlak siswa. Implementasi kompetensi ini dilakukan secara berkelanjutan, tidak hanya di dalam kelas saja akan tetapi dilaksanakan di manapun dan kapanpun selama guru dan murid dapat berinteraksi. Implementasi kompetensi kepribadian guru Rumpun PAI dalam membentuk akhlakul karimah di MTs Tamrinut Thullab Undaan Lor Kudus menggunakan empat metode diantaranya : metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasihat dan konsekuensi, metode pemanggilan dan mendatangi wali murid.(3) Faktor pendukung proses implementasi kompetensi kepribadian Guru Rumpun PAI di MTs Tamrinut Thullab Undaan Lor Kudus, yaitu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki guru rumpun pai dalam memberikan contoh yang baik terhadap siswa dan adanya dukungan dari pihak lembaga dengan mengedepankan nilai-nilai agama dalam pendidikan. Faktor penghambat proses ini yaitu : kurangnya sumber daya. Keterbatasan siswa dalam memahami nasihat dalam proses pembelajaran, hal ini disebabkan karena usia siswa yang masih labil. Kemudian tantangan sosial dan kultural. Lingkungan sosial yang kurang mendukung nilai-nilai agama sehingga menjadi penghambat terbentuknya akhlakul karimah siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kompetensi, Kepribadian, Akhlakul Karimah | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA) |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 04 Sep 2025 07:49 | ||||||
Last Modified: | 04 Sep 2025 07:49 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14789 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |