STUDI ANALISIS PEMBELAJARAN DI MADRASAH DINIYYAH WUSTHO IRSYADUTH THOLIBIN SEBAGAI PENDALAMAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK USIA SMU DI DESA MEDINI UNDAAN KUDUS TAHUN 2013/2014

Hamid, Hamid (2013) STUDI ANALISIS PEMBELAJARAN DI MADRASAH DINIYYAH WUSTHO IRSYADUTH THOLIBIN SEBAGAI PENDALAMAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK USIA SMU DI DESA MEDINI UNDAAN KUDUS TAHUN 2013/2014. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
SKRIPSI HAMID 107318_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Analisis pembelajaran Agama Islam di Madrasah Diniyyah Wustho Irsyaduth Tholibin sebagai pendalaman pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Usia SMU di Desa Medini Undaan Kudus Penelitian skripsi ini penulis menggunakan pendekatan penelitian (Field Research) studi lapangan yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam terhadap suatu organisasi atau lembaga tertentu. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, catatan lapangan, foto, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data, data yang terkumpul kemudian dianalisis. Penelitian ini menggunakan subyek adalah tokoh masyarakat dan kepala Madarasah, guru-guru, dan siswa-siswi di Madrasah Diniyyah Irsyaduth Tholibin, serta guru PAI SMU di Desa Medini Undaan Kudus Penelitian ini menitikberatkan pada permasalahan; Bagaimana pembelajaran Agama Islam di Madrasah Diniyyah Wustho Irsyaduth Tholibin di Desa Medini Undaan Kudus Tahun 2013/2014, pendalaman pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Usia SMU di Desa Medini Undaan Kudus Tahun 2013/2014dan analisis pembelajaran di Madrasah Diniyyah Wustho Irsyaduth Tholibin sebagai pendalaman pembelajaran Pendidikan Agama Islam anak usia SMU di Desa Medini Undaan Kudus Tahun 2013/2014. Dari pembahasan dan pemaparan analisis dihasilkan bahwa pembelajaran di Madrasah Diniyyah Wustho Irsyaduth Tholibin di Desa Medini Undaan Kudus Tahun 2013/2014 telah berlangsung baik. Madrasah Diniyyah Wustho Irsyaduth Tholibin memiliki program yang jelas. Pembelajaraan di Madrasah Diniyyah Wustho Irsyaduth Tholibin di Desa Medini Undaan Kudus, berlangsung pada malam hari, yakni dimulai pada hari Sabtu sampai Kamis dan dilaksanakan pada pukul 18.30 WIB sampai 20.25 WIB. Pada pukul 18.30 WIB - 19.25 WIB untuk jam pelajaran pertama dengan waktu 45 menit, kemudian istirahat selama 15 menit, selanjutnya pada pukul 19.40 WIB -20.25 WIB untuk pelaksanaan jam pelajaran kedua. Pendalaman pembelajaran Pendidikan Agama Islam anak usia SMU di Desa Medini Undaan Kudus yang belajar di Madrasah Diniyyah Wustho Irsyaduth Tholibin Tahun 2013/2014, memiliki pendalaman pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang baik. Pembelajaran di Madrasah Diniyyah Wustho Irsyaduth Tholibin telah membantu proses pendalaman pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tersebut dapat dilihat pada kemampuan pemahaman anak usia SMU dari segi pengetahuan, nalar berfikir, wawasan pengetahuan dan keyakinan agama Pembelajaran agama di Madrasah Diniyyah Wustho Irsyaduth Tholibin sebagai pendalaman Pendidikan Agama Islam anak di SMU, efektif karena mata pelajaran yang telah diajarkan di Madrasah Diniyyah Wustho Irsyaduth Tholibin yang mendalam sangat membantu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMU, hal tersebut dibuktikan peneliti bahwa anak usia SMU di Desa Medini Undaan Kudus memiliki nalar berfikir, wawasan pengetahuan, pemahaman dan keyakinan mengenai agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jul 2017 03:58
Last Modified: 09 Jul 2017 03:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1479

Actions (login required)

View Item View Item