Penggunaan Media Pembelajaran Visual Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XII Di MA NU Manzilul Ulum Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2021-2022

Istiqomah, Istiqomah (2024) Penggunaan Media Pembelajaran Visual Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XII Di MA NU Manzilul Ulum Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2021-2022. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (934kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (185kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (337kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (463kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (283kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (511kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (240kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) persiapan penggunaan media pembelajaran visual pada mata pelajaran fiqih (2) pelaksanaan penggunaan media pembelajaran visual pada mata pelajaran fiqih (3) penilaian penggunaan media pembelajaran visual pada mata pelajaran fiqih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian pendidik dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian dan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara secara langsung di MA NU Manzilul Ulum Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Syarat untuk menggunakan metode ini adalah tingkat motivasi yang tinggi, dimana siswa mempunyai motivasi yang kuat untuk melakukan dan memperhatikan semua gerakan yang akan dilatih nantinya, pemberian metode ini tidak sama dengan sama dengan pemberian materi dalam perkuliahan karena terbatasanya waktu efek ini disebabkan oleh kenyataan bahwa tidak semua bahan ajar mengizinkan penggunaan metode visual. (2) Guru harus bisa menjelaskan, memahamkan dan mampu menerapkanya dalam kehidupan nyata. Penerapan ini menuntut guru untuk benar-benar membimbing siswa dan memungkinkan mereka melaksanakan pembelajarannya dengan baik sesuai dengan apa yang telah dibahas. (3) Guru harus bisa memastikan secara akurat dan konsisten bahwa siswa dapat memahami dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
UNSPECIFIEDEfferi, AdriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Visual, Fiqih dan Media Belajar
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Oct 2025 07:11
Last Modified: 06 Oct 2025 07:11
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14802

Actions (login required)

View Item View Item