Rosyidah, Ida (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TADZKIRAH DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN AFEKTIF SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS ULUMIYYAH KEBONHARJO, JATIROGO, TUBAN. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
SKRIPSI IDA ROSYIDAH 110320_opt.pdf Download (6MB) |
Abstract
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan, menuturkan dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis/lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan data tersebut bersifat pernyataan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.tehnik analisis datanya deskriptif kualitatif. Menetapkan keabsahan data, dalam penelitian ini menggunakan tehnik trianggulasi data yaitu tehnik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan berbagai sumber diluar data tersebut sebaai bahan perbandingan. Peneliti dan kajian skripsi ini bertujuan: untuk mengumpulkan data yang akurat dan dapat dipercaya, untuk menggali data tentang 1. Bagaiman model Pembelajaran Tadzkirah pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Ulumiyyah Kebonharjo Jatirogo Tuban? 2. Bagaimana implementasi model Pembelajaran Tadzkirah dalam mengembangkan kemampuan afektif siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Ulumiyyah Kebonharjo Jatirogo Tuban? 3. Apa saja hambatan dan solusi dalam penerapan model pembelajaran Tadzkirah pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Ulumiyyah Kebonharjo Jatirogo Tuban? Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diadakan penelitian dilapangan. Dalam menetapkan keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi data yaitu: teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan berbagai sumber diluar data tersebut sebagai bahan pertimbangan. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: dalam implementasi model pembelajaran tadzkirah dalam mengembangkan kemampuan afektif siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Ulumiyyah Kebonharjo Jatirogo Tuban pada dasarnya saat ini sudah berjalan seratus persen, dari pihak guru sudah banyak mengalami perubahan, yang awalnya dalam mengajar banyak mengalami kesulitan namun dengan menggunakan model pembelajaran tadzkirah lebih mudah difahami dan diterima para siswa. Adapun perannya dalam mengembangkan kemampuan afektif siswa sudah mulai mengalami perubahan yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Tadzkirah; Kemampuan Afektif; Mata Pelajaran Aqidah Akhlak |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Jul 2017 04:13 |
Last Modified: | 09 Jul 2017 04:13 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1481 |
Actions (login required)
View Item |