PROBLEMATIKA MODEL PEMBELAJARAN I2M3 (INTERAKTIF, INSPIRATIF, MENYENANGKAN, MENANTANG, DAN MEMOTIVASI) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DI SDIT UMAR BIN KHATTAB JUWANA PATI

Anwar, Junaidi (2014) PROBLEMATIKA MODEL PEMBELAJARAN I2M3 (INTERAKTIF, INSPIRATIF, MENYENANGKAN, MENANTANG, DAN MEMOTIVASI) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DI SDIT UMAR BIN KHATTAB JUWANA PATI. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
JUNAIDI ANWAR_opt.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran I2M3 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan keaktifan dan kemandirian peserta didik di SDIT Umar Bin Khattab Juwana Pati, untuk mengetahui problematika yang muncul dalam implementasi model pembelajaran I2M3 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan keaktifan dan kemandirian peserta didik di SDIT Umar Bin Khattab Juwana Pati, serta untuk mengetahui solusi atas problematika yang muncul dalam implementasi model pembelajaran I2M3 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan keaktifan dan kemandirian peserta didik di SDIT Umar Bin Khattab Juwana Pati. Penelitian ini menggunakan jenis field research, dengan pendekatan kualitatif dengan obyek penelitian adalah pembelajaran di kelas V Ibnu Nafis SDIT Umar Bin Khattab Juwana. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu pengumpulan data, mereduksi data yang telah terkumpul, mendisplay data-data secara sistematis dan mengambil kesimpulan dengan memverifikasi mana data yang lebih mendalam dan melakukan penyempurnaan guna mengambil kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu : Pertama, implementasi model pembelajaran I2M3 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan keaktifan dan kemandirian peserta didik di SDIT Umar Bin Khattab Juwana sebagian sudah sesuai dengan prosedur pelaksanaan, penggunaan model tersebut menjadikan peserta didik lebih berperan aktif dalam pembelajaran, mendorong peserta didik untuk melakukan proses pembelajaran yang kreatif, dan membuat siswa berani bertanya dan mengemukakan pendapat serta bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas dengan kemampuan masing-masing. Kedua, problematika yang muncul dalam implementasi model pembelajaran I2M3 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan keaktifan dan kemandirian peserta didik di SDIT Umar Bin Khattab Juwana yaitu guru masih memerlukan waktu yang banyak dalam mengondisikan peserta didik khususnya pada awal pelajaran dan mengalami kesulitan dalam mengelompokkan peserta didik dalam kegiatan diskusi, dalam proses pembelajaran ada beberapa peserta didik yang masih bermain-main sendiri dan tidak ix memperhatikan. Adapun dalam pelaksanaan model pembelajaran I2M3 ada beberapa hal yang tidak sesuai prosedur. Ketiga, beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi problem yang muncul dalam penerapan model pembelajaran I2M3 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan keaktifan dan kemandirian peserta didik di SDIT Umar Bin Khattab Juwana yaitu pendekatan kepada siswa sebagai untuk memotivasi dan memperhatikan perilaku siswa, selain itu guru juga harus melakukan refleksi disetiap pembelajaran yang sudah dilakukan. Adapun untuk mempermudah pembagian kelompok dan penempatan serta beberapa hal yang belum sesuai dengan prosedur pelaksanaan model pembelajaran I2M3 sekolah dapat mempertimbangkan solusi dan saran yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problematika; Model Pembelajaran I2M3 (Interaktif; Inspiratif; Menyenangkan; Menantang; dan Memotivasi); Keaktifan dan Kemandirian Peserta Didik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jul 2017 04:20
Last Modified: 09 Jul 2017 04:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1482

Actions (login required)

View Item View Item