Agustin, Rani (2024) Analisis Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Berbasis Pendekatan Teaching at The Right Level (Tarl) Dalam Literasi Numerasi Matematika Kelas IV MI Negeri Kudus. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS.
![]() |
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (693kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (694kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (772kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (688kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (736kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (687kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (362kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbasis pendekatan Teaching at The Right Level dalam literasi numerasi peserta didik kelas IV B, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbasis pendekatan Teaching at Right Level dalam literasi numerasi matematika kelas IV B MI Negeri Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pendidik matematika kelas IV B dan peserta didik kelas IV B. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipatif pasif dengan wawancara tersturktur dan tidak terstruktur dan data dokumentasi. Kemudian diuji menggunakan uji credibility yang menggunakan cara triangulasi yakni triangulasi sumber, triangulasi teknik pengumpulan data, triangulasi waktu dan triangulasi teori. Selain itu juga menggunakan uji dependability. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan model Realistic Mathematics Education berbasis pendekatan Teaching at Right Level dalam literasi numerasi ini berjalan dengan baik, peserta didik mampu menyelesaikan soal berbasis narasi atau soal HOTS yang ditekankan pada pemahaman literasi numerasi di kurikulum merdeka. Terdapat tiga tahap pelaksanaan pembelajaran yakni tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap perencanaan terdiri dari kegiatan persiapan dari pendidik untuk menyiapkan perangkat pembelajaran seperti, modul ajar, LKPD , assesmen diagnostik, bahan ajar dan materi ajar. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran pendidik dan peserta didik melaksanakan assesmen diagnostik, kemudian masuk ke kegiatan inti yang langkah-langkahnya adalah memahami masalah kontekstual, menjelaskan masalah kontekstual, menyelesaikan masalah kontekstual, mendiskusikan jawaban dan menarik kesimpulan. Selanjutnya pada tahap evaluasi pendidik menggunakan dua assesmen yakni assesmen formatif dan assesmen sumatif. 2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan model Realistic Mathematics Education berbasis pendekatan Teaching at Right Level dalam literasi numerasi di kelas IV B yakni, keterlibatan pendidik yang mendalam, keterlibatan peserta didik, dukungan dari sekolah, dan lingkungan belajar yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya perubahan kurikulum, tingkat pemahaman peserta didik yang beragam, dan keterbatasan waktu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Literasi Numerasi, Realistic Mathematics Education, Teaching at The Right Level | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 13 Oct 2025 07:36 | ||||||
Last Modified: | 13 Oct 2025 07:36 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14850 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |