Latief, Muhammad Farich (2024) Strategi Komunikasi Politik Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Dalam Mengusung Isu Pesantren Pada Pemilihan Presiden Tahun 2024. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
|
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (70kB) |
|
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (80kB) |
|
|
Text
04 BAB I.pdf Download (100kB) |
|
|
Text
05 BAB II.pdf Download (263kB) |
|
|
Text
06 BAB III.pdf Download (92kB) |
|
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (298kB) |
|
|
Text
08 BAB V.pdf Download (74kB) |
|
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) |
Abstract
Komponen kunci demokratisasi adalah komunikasi politik. Dalam kepentingan kompetitif komunikator politik untuk memperoleh, mempertahankan, dan meningkatkan kekuasaan. Proses penyampaian dan penerimaan pesan politik oleh individu, organisasi, atau lembaga dalam masyarakat dikenal dengan istilah komunikasi politik. Hal ini mencakup serangkaian taktik, rencana, dan metode yang dimaksudkan untuk mempengaruhi opini publik, menggalang dukungan, dan mengarahkan kebijakan politik. Pada pemilihan presiden tahun 2024 yang menjadi tolak ukur dan menjadi daya magnet yang luar biasa terdapat dari kaum santri. Maka dari semua kandidat calon presiden dan calon wakil presiden berlomba-lomba untuk dapat memenangkan hati dari para santri. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui strategi komunikasi politik calon presiden dan calon wakil presiden dalam mengusung isu pesantren pada pemilihan presiden tahun 2024. 2) Untuk mengetahui apa alasan dalam mengusung isu pesantren dengan tujuan pemenangan calon presiden dan calon wakil presiden pada pemilihan presiden tahun 2024. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan), yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung, dimana data dan informasi diperoleh langsung dengan cara berinteraksi dengan narasumber ditempat yang telah ditentukan. Metode pengumpulan data menggunakan metode kualitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini bersumber dari hasil olahan data sehingga dapat memberikan pemahaman untuk pembaca terkait dari temuan hasil penelitian secara lengkap Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa: 1) Komunikasi politik merupakan salah satu bentuk atau interaksi antara masyarakat dan pemerintah dalam menyampaikan pesan-pesan yang berkaikan dengan politik. Dalam strategi komunikasi politik dari calon presiden dan calon wakil presiden dalam mengusung isu pesantren yaidu dengan dilakukannya kunjungan-kunjungan keberbagai pesantren,menyampaikan visi misi serta program-program dari kandidat calon 2) Mengenai isu pesantren yang digunakan calon presiden dan calon wakil presiden dalam komunikasi politik pada pemilu tahun 2024 terdapat berbagai faktor yaitu memperoleh dukungan massa yang kuat, dukungan dari para ulama’dan juga kiai, isu keagamaan yang relevan, pendidikan dan ahlak, dampak dari perkembangan pesantren, permasalahan pembentukan SDM, mempunyai program ekonomi pesantren, peduli terhadap isu-isu sosial dan keadilan, dan memiliki idenditas keagamaan
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||
| Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Politik, Pemenangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Isu Pesantren | ||||||
| Subjects: | Sosial dan Budaya Islam > Politik Islam Ilmu-Ilmu Sosial > Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > Pemilu |
||||||
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Pemikiran Politik Islam | ||||||
| Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 07:15 | ||||||
| Last Modified: | 27 Oct 2025 07:15 | ||||||
| URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14869 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
