“PENERAPAN PENDEKATAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN ANALISA SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NEGERI PECANGAAN DI BAWU BATEALIT JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016”.

Vinourica, Maryam (2016) “PENERAPAN PENDEKATAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN ANALISA SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NEGERI PECANGAAN DI BAWU BATEALIT JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016”. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
001. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
002. ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
003. DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
004. BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text
005. BAB II.pdf

Download (551kB)
[img] Text
006. BAB III.pdf

Download (234kB)
[img] Text
007. BAB IV.pdf

Download (568kB)
[img] Text
008. BAB V.pdf

Download (281kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan auditory, intellectually, repetition (AIR) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman dan analisa siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri Pecangaan di Bawu Batealit Jepara. Fokus penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pendekatan auditory, intellectually, repetition (AIR) di MTs Negeri Pecangaan di Bawu Batealit Jepara TP.2015/2016?, (2) Bagaimana peningkatan kemampuan pemahaman dan analisa siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri Pecangaan di Bawu Batealit Jepara TP.2015/2016?, (3) Bagaimana penerapan pendekatan auditory, intellectually, repetition (AIR) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman dan analisa siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri Pecangaan di Bawu Batealit Jepara TP.2015/2016?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi (, wawancara dan dokumentasi. Adapun lokasi penelitiannya di MTs Negeri Pecangaan di Bawu Batealit Jepara. Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis data yang dikembangkan oleh Miles & Huberman, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) serta penarikan kesimpulan (conclusion). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, pendekatan auditory, intellectually, repetition di MTs Negeri Pecangaan di Bawu Batealit Jepara merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran, hal tersebut dapat dibuktikan dengan bertambahnya semangat guru untuk mengajar serta proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru mudah diterima oleh peserta didik. Kedua, peningkatan kemampuan pemahaman dan analisa siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri Pecangaan di Bawu Batealit Jepara mengalami peningkatan yang signifikan yakni dengan adanya respon yang positif dari peserta didik pada saat proses pembelajaran Akidah Akhlak yakni peserta didik banyak memunculkan pertanyaan-pertanyaan baru yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Ketiga, penerapan pendekatan auditory, intellectually, repetition (AIR) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman dan analisa siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri Pecangaan di Bawu Batealit Jepara berlangsung secara efektif. Hal ini dibuktikan bahwa peserta didik sangat memperhatikan secara benar setiap materi demi materi pelajaran yang disampaikan oleh pendidik. Serta menjadikan nilai rata-rata Akidah Akhlak peserta didik 80 diatas nilai rata-rata KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 75.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Auditory; Intellectually; Repetition (AIR); Kemampuan Pemahaman dan Analisa; Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2016 07:13
Last Modified: 03 Dec 2016 07:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/149

Actions (login required)

View Item View Item